Home » Selamat! Lampung Jadi Juara Gala Siswa Indonesia 2023

Selamat! Lampung Jadi Juara Gala Siswa Indonesia 2023

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Provinsi Lampung memenangkan Gala Siswa Indonesia (GSI) 2023 yang berakhir di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/10/2023). Foto: Kemendikburistekdikti

Provinsi Lampung berhasil menjadi juara Gala Siswa Indonesia (GSI) 2023, disusul Provinsi Jawa Tengah di posisi kedua, DI Yogyakarta pada posisi ketiga dan DKI Jakarta di posisi keempat.

Sedangkan, dari atlet yang beraih juara, pemenang Gala Siswi Indonesia Juara I diraih Provinsi DKI Jakarta dan Juara II diraih Kota Bekasi. Adapun Tim Fair Play Gala Siswa Indonesia adalah dari DI Yogyakarta.

Berikutnya, untuk pemain penyerang terbaik adalah Farrel Taraka Putra (Jawa Tengah), pemain bertahan terbaik adalah Fadhil Adgha (DI Yogyakarta), pencetak gol terbanyak adalah M. Dhimas Aditya Wibowo (Jawa Timur), gelandang terbaik adalah Sagara Ibrahim (DKI Jakarta), serta pelatih terbaik adalah Dwi Iswandi (Lampung).

Kejuaraan sepak bola Gala Siswa Indonesia 2023 ditutup di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/10/2023).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengucapkan selamat karena telah berhasil melaju ke tingkat nasional sebagai langkah awal dalam menggapai prestasi yang lebih tinggi.

Untuk menggapai cita-cita sebagai pesepak bola profesional, Nadiem mendorong para peserta GSI agar terus berlatih dan berkompetisi dengan sportif.

“Junjunglah tinggi persahabatan di antara sesama pemain dan jadilah harapan bangsa untuk membawa Indonesia pada kemajuan di masa depan khususnya di dunia sepak bola,” jelasnya, dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (30/10/2023).

Lahirkan Talenta Sepak Bola

Mendikbudristek mengatakan salah satu kunci perwujudan talenta berbakat adalah kualitas ekosistem pembinaan yang berkualitas dan berkelanjutan.

Baca Juga  PSSI Hentikan Kompetisi Liga 2

GSI tingkat SMP sebagai implementasi atas Instruksi Presiden tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional merupakan upaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam menjaring pelajar Indonesia yang memiliki minat terhadap sepak bola.

“Saya yakin acara ini menjadi wadah yang melahirkan bibit-bibit sepak bola. GSI juga sebagai perwujudan semangat Merdeka Belajar dalam mengembangkan potensi dan minatnya,” tutur Mendikbudristek.

GSI adalah ajang kompetisi bidang olahraga di bidang sepakbola bagi para peserta didik jenjang Sekolah Menengah Pertama yang diselenggarakan setiap tahun sekali secara berjenjang dan bertingkat sejak tingkat Kecamatan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

Mutu Pendidikan di Daerah

Ajang ini menjangkau 38 provinsi di seluruh Indonesia dan melibatkan Dinas Pendidikan dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan di daerah.

Ajang GSI adalah salah satu ajang diantara 40 ajang talenta (di bidang riset-inovasi, seni-budaya, dan olahraga) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Sementara itu, Pelatih Indra Sjafri yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI mengatakan bahwa GSI dimasukkan ke dalam gran desain sepak bola Indonesia sampai tahun 2038.

Di mana kompetisi lewat dunia pendidikan akan menjadi tulang punggung pembinaan sepak bola Indonesia.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaterkini
#beritaviral

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life