Home » Kemendikbudristek Gelar Festival Kata Kota Kita di Jakarta

Kemendikbudristek Gelar Festival Kata Kota Kita di Jakarta

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Peserta Festival Kata Kota Kita menunjukkan bakat menari di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2023). Foto: Kemendikbud

ESENSI.TV - JAKARTA

Menjelang puncak perhelatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, menggelar Festival Kata Kota Kita.

Kegiatan yang berlangsung 18 hingga 22 Oktober di M Bloc Space ini merupakan langkah awal dari perhelatan akbar PKN 2023.

Kata Kota Kita juga merupakan salah satu bagian Kuratorial Gerakan Kalcer yang mewadahi pertemuan ragam suara warga kota di simpul kalcer yang memantik kolaborasi kreatif berdampak lestari.

Banyak hal yang ingin dicurahkan tentang Jakarta baik tentang orangnya, jenamanya, tempat, ruang, aktivitas, lingkungan, hingga fasilitas publiknya akan menjadi elemen yang diangkat dalam Kata Kota Kita.

Ketua Pelaksana Festival, Tatty Apriliyana, munuturkan bahwa Kota Kata Kita menampilkan Purwarupa yang memadukan kecerdasan artificial dengan sentuhan seni rupa, grafis, dan visual percakapan warga kota lewat karya seni.

“Kita percaya ruang tamu adalah tempat berkata-kata, dengan itu namanya menjadi Kata Kota Kita,” jelasnya, dalam keterangan resmi Kemendikbudristekdikti, di kutip Sabtu (21/10/20230.

Baca Juga  Selamat! 358 Mahasiswa Lulus Seleksi Beasiswa Indonesia Maju ke Luar Negeri

Digelar Berbagai Kegiatan

Kurator Gerakan Kalcer, Handoko Hendroyono, mengatakan bahwa berbagai kegiatan yang digelar selama Festival Kata Kota Kita, antara lain medsos kata kota kita, lorong interaktif kata kota kita, literasi kota kita, pasar kota kita, wicara kota kita, peragaan busana kota kita, musik kota kita, sinema kota kita, hingga simpul kata kota kita.

“Gerakan Kalcer mengoptimalkan budaya sebagai fondasi ekonomi kreatif yang memunculkan gagasan baru serta menjadi dasar dalam merumuskan penjenamaan kota dan cipta ruang lestari untuk melahirkan jenama kalcer berdaya,” ujar Handoko.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid menekankan pentingnya pembangunan manusia di kota-kota selain dari pembangunan infastruktur.

“Melalui Festval Kota Kata Kita kami ingin membangun berbagai macam komunikasi di berbagai level dengan ragam media untuk penduduk kota. Sebab ada satu dimensi yang tidak bisa diukur dengan infrastruktur yaitu pembangunan manusia,” jelas Hilmar.*

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life