Home » Tujuh Manfaat Buah Pala yang Perlu Diketahui, Baik untuk Kesehatan

Tujuh Manfaat Buah Pala yang Perlu Diketahui, Baik untuk Kesehatan

by Junita Ariani
2 minutes read
Manfaat buah pala

Buah pala ternyata tidak hanya dikenal sebagai bumbu masak saja tetapi juga memiliki khasiat yang jitu bagi kesehatan.

Tanaman bernama latin Myristica fragrans ini sebagian besar dihasilkan dari Indonesia. Umumnya sudah tersedia dalam bentuk bubuk, meskipun ada juga yang masih berbentuk biji utuh yang sudah dikeringkan.

Buah ini juga menghasilkan minyak atsiri yang dibutuhkan bagi industri kesehatan terutama untuk pengobatan herbal. Begitupun, penggunaan komoditas yang satu ini tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak karena bisa memicu halusinasi.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (21/10/2023), kandungan nutrisi Myristica fragrans yakni Vitamin A, Vitamin E, Mangan, Vitamin C, Magnesium, Tembaga. Selain itu, juga mengandung Fosfor, Seng dan Besi.

Adapun sejumlah manfaat buah pala bagi kesehatan yakni:

 1. Menjaga kesehatan gigi

Minyak buah ini sering digunakan dalam beberapa produk gigi. Sifat antibakterinya terbukti sangat efektif melawan patogen mulut yang menyebabkan penyakit dan bau mulut.

2. Meningkatkan gairah seksual

Beberapa penelitian yang dilakukan terhadap hewan, buah pala bisa meningkatkan gairah seksual. Penelitian ini ada dalam jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies.

Dalam penelitiannya, sebuah tikus jantan yang diberikan ekstrak pala dosis tinggi mengalami peningkatan aktivitas seksual dan waktu kinerja seksual yang signifikan.

Tentunya, penelitian masih perlu dilakukan lebih lanjut pada manusia.

3. Mencegah infeksi bakteri

Buah Myristica fragrans ini memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi beberapa jenis bakteri pemicu penyakit pada tubuh. Seperti Streptococcus mutan dan Aggregatibacter actinomycetemcomitans.

Baca Juga  Hore, 5 Shio Ini Bakal Beruntung di Tahun Kelinci Air 2023

Kedua bakteri tersebut dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan mulut dan gigi.

Selain itu, dalam Journal of Bioscience and Bioengineering, buah pala bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri E.coli yang dapat memicu berbagai penyakit pada tubuh.

4. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah pala secara rutin mampu menjaga kesehatan jantung. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai gangguan jantung yang bisa memicu kematian.

5. Mengatasi diare

Jika kamu mengalami diare yang tidak kunjung membaik, cobalah untuk mencampurkan makanan atau minuman dengan bubuk pala.

Buah ini memiliki sifat anti diare yang bisa membantu untuk meredakan gangguan pencernaan pemicu diare.

6. Mencegah penyakit kanker

Selain menjalankan pengobatan utama untuk penyakit kanker, kamu juga bisa mencoba bahan alami untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Salah satunya buah pala.

Menurut studi dalam jurnal Chemico Biological Interactions, buah pala memiliki sifat kemopreventif yang bisa mencegah perkembangan sel kanker pada pengidap leukemia.

7. Meredakan nyeri

Beberapa penyakit, seperti kanker hingga gula darah dapat menyebabkan rasa nyeri pada pengidapnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba bahan alami, seperti buah pala.

Kamu bisa menggunakan minyak esensial pala, kemudian oleskan pada bagian yang terasa nyeri. Lakukan secara rutin agar hingga nyeri terasa membaik.

Itulah tadi beberapa manfaat buah pala yang perlu kamu ketahui yang baik untuk kesehatan. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life