Home » Survei Pilpres LSN: Prabowo 40,9%, Ganjar 33,1% dan Anies 22,2%

Survei Pilpres LSN: Prabowo 40,9%, Ganjar 33,1% dan Anies 22,2%

by Erna Sari Ulina Girsang
1 minutes read
Bacapres 2024 - 2029 Prabowo Subianto dalam acara Mata Najwa on Stage: Bacapres Bicara Gagasan, di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, DIY, Selasa (19/9/2023). Foto: Tangkap layan siaran langsung di narasi tv

Hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) selama periode 20-30 September 2023 menunjukkan elektabilitas calon presiden Prabowo Subianto tertinggi, disusul oleh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Pertanyaan yang diajukan kepada responden survei adalah seandainya saat ini dilaksanakan pemilihan presiden dan hanya diikuti tiga capres di bawah ini, siapakah yang Anda pilih?

Hasilnya, sebanyak 40,9 persen responden menjawab Prabowo Subianto, sebanyak 33,1 persen menjawab Ganjar Pranowo dan 22,2 persen memilih Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry dalam keterangannya Jumat (6/10/2023) mengatakan sebanyak 3,8% responden menyatakan belum punya pilihan (undecided).

“Data ini menegaskan bahwa kendati elektabilitas Ganjar sedikit mengalami kenaikan, namun Prabowo tetap teratas,” terangnya.

Elektabilitas Prabowo Tren Naik

Dia mengemukakan sejak  Maret 2023, elektabilitas Prabowo rata-rata meningkat sebesar 2 persen dari survei ke survei berikutnya.

Sementara itu, perkembangan terakhir elektabilitas Ganjar Pranowo memperlihatkan kecenderungan fluktuatif.

Pada survei LSN yang terakhir, dia menjelaskan ada sedikit kenaikan elektabilitas, tetapi belum ada indikasi Ganjar dapat mengejar elektabilitas Prabowo.

Di sisi lain, elektabilitas Anies Baswedan stagnan dalam enam bulan terakhir.

Baca Juga  Prabowo Tawarkan 4 Solusi Hadapi Tantangan Bangsa

Meski demikian, jelasnya, masih ada sisa waktu empat bulan masing-masing calon meningkatkan elektabilitasnya.

Apalagi, saat ini, masing-masing capres dan tim sukses sudah mulai meningakatkan upaya kampanye menjelang Pemilu tahun 2024 mendatang.

Posisi ini, ujarnya, bisa juga berubah setelah para calon memiliki nama yang mendampinginya sebagai wakil calon presiden.

“Posisi cawapres yang segera akan ditentukan sedikit banyak juga dapat berpengaruh pada perubahan dinamika elektabilitas,” ujarnya.

Data LSN menunjukkan responden survei tersebar di 38 provinsi di seluruh Indonesia yang merupakan warga negara Indonesia yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan berusia 17 tahun ke atas.

Jumlah sampel sebesar 1.420 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistage random sampling. Margin of error +/- 2,6% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon dengan responden oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner.

Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50% perempuan.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beriterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life