Home » Waduh Curang Massal! Segerombolan Orang Panjat Tembok Sekolah di India Untuk Berikan Contekan Ujian

Waduh Curang Massal! Segerombolan Orang Panjat Tembok Sekolah di India Untuk Berikan Contekan Ujian

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Teman dan keluarga siswa Kelas 10 yang sedang mengikuti ujian penting di sebuah sekolah di Haryana, India terekam memanjat dinding belakang gedung untuk memberikan lembar contekan, belum lama ini. Foto: Oddity Central

ESENSI.TV - JAKARTA

Di India, ternyata ada prilaku yang sangat tidak terpuji, yaitu curang massal di sekolah. Segerombolan orang akan terlihat memanjat tembok sekolah untuk memberikan contekan jawaban ujian yang sedang berlansung.

Teman dan keluarga siswa Kelas 10 yang sedang mengikuti ujian penting di sebuah sekolah di Haryana, India terekam memanjat dinding belakang gedung untuk memberikan lembar contekan kepada orang yang mereka cintai.

Sekolah Chandrawati di distrik Nuh Haryana baru-baru ini menjadi pusat skandal kecurangan ujian besar-besaran setelah video viral yang menunjukkan orang-orang memanjat tembok sekolah untuk memberikan lembar contekan kepada siswa tersebar di media sosial.

Pejabat sekolah bersikeras bahwa tidak ada kecurangan yang terjadi selama ujian dewan Kelas 10 pada hari Rabu dan bahwa orang-orang hanya berusaha membantu teman dan kerabat mereka.

Namun beberapa sumber mengklaim bahwa Spider-Man di kehidupan nyata ini baru mulai mendaki sekolah setelah diberi pertanyaan yang tepat dalam ujian dan mencari jawaban yang benar.

Surat kabar India Times melaporkan bahwa seseorang mengambil gambar kuesioner ujian Pendidikan Jasmani dan membagikannya kepada teman dan keluarga siswa yang menunggu di tempat parkir di belakang gedung ujian.

Hal ini memungkinkan orang untuk mencari jawabannya, menuliskannya di selembar kertas, dan kemudian membagikannya kepada siswa melalui jendela kecil.

Salah satu video menunjukkan setidaknya selusin orang memanjat gedung beton dan memanggil siswa ke jendela agar mereka dapat memberikan jawabannya.

Pihak Sekolah Membantah

Namun, meskipun ada bukti kecurangan, pejabat sekolah mengklaim bahwa video tersebut hanya menunjukkan upaya menyontek, dan menambahkan bahwa pihak keamanan berhasil mencegah campur tangan pihak luar selama ujian.

Baca Juga  Rusia Menantang Calon dari AS Memimpin Bank Dunia

“Orang-orang tersebut membuat kekacauan di luar sekolah dan tidak terjadi kecurangan di dalam sekolah. Meskipun mereka mencoba memanggil siswa di dalam, kami memastikan tidak ada hal buruk yang terjadi,” kata staf sekolah dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Oddity Central, Kamis (21/3/2024).

“Sekolah kami tidak ada masalah, semua gangguan ada di pihak luar. Kami bahkan tidak mengizinkan siapa pun kecuali siswa memasuki lokasi. Tidak ada kecurangan yang terjadi dan siswa mengerjakan ujiannya dengan benar. Polisi berpatroli di area tersebut, dan petugas ditempatkan di berbagai sudut kampus,” tambah Kepala Sekolah Nidhi Rohilla.

Namun, meski pihak sekolah menyangkal sepenuhnya, ada yang mengatakan bahwa kecurangan semacam ini adalah perilaku rutin di sekolah, dan keamanan saat ujian penting hanya sekedar formalitas.

“Ini adalah peristiwa tahunan, dan saya telah menyaksikannya secara rutin. Meskipun polisi melakukan kunjungan, itu hanyalah formalitas,” kata seorang mantan siswa di Sekolah Chandrawati kepada Indian Express.

“Ini merupakan kegiatan rutin. Teman siswa membuang materi menyontek melalui kisi-kisi jendela untuk membantu siswa mengikuti ujian. Kebanyakan guru tidak memprotes,” seorang siswa Kelas 10 membenarkan.

India telah lama menangani kecurangan ujian secara terang-terangan. Pada tahun 2015, kami pertama kali memposting tentang kejadian serupa di sebuah sekolah di Bihar, di mana teman dan kerabat siswa kelas 12 juga memanjat tembok sekolah untuk memberikan lembar contekan kepada mereka.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life