Home » Bawaslu Kembali Ingatkan Masyarakat Jangan Termakan Hoaks Pemilu

Bawaslu Kembali Ingatkan Masyarakat Jangan Termakan Hoaks Pemilu

by Erna Sari Ulina Girsang
1 minutes read
Ilustrasi hoaks. Foto: Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Herwyn JH Malonda kembali mengingatkan agar masyarakat cerdas dalam memilah informasi yang diterima agar tidak termakan hoaks.

Dia mengatakan penyebaran berita bohong diperkirakanakan meningkat saat tahapan kampanye, sehingga masyarakat perlu cek fakta atas setiap informasi yang datang.

Di masa kampanye, Herwyn melihat akan ada potensi pelanggaran seperti kampanye hitam, hoaks hingga disinformasi. Terlebih menurut dia, di jaman digitalisasi saat ini yang mana semua informasi semakin cepat tersebar.

“Diharapkan kita semua dalam menerima informasi kita saring dulu mana informasi yang bisa diteruskan, sudah tervalidasi kebenarannya mana yang harus berhenti di kita,” tegas dia dalam Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Jumat (1/12/2023).

Utamakan Edukasi Politik

Alangkah baiknya kata dia, setiap peserta pemilu baik eksekutif dan legislatif dapat berkampanye secara sehat yaitu dengan edukasi politik. Sehingga dalam prosesnya, dia berharap masyarakat mendapatkan pengetahuan yang jelas terkait peserta pemilu yang tengah berkampanye.

Baca Juga  Bawaslu Sidangkan 3 Dugaan Pelanggaran Administrasi Pileg

“Kampanye itu kan pemberian informasi, melalui visi dan misi program dari peserta pemilu atau citra apa dia baik atau tidak. Kita harus lihat informasinya menyesatkan atau tidak,” kata dia.

Maka Herwyn pun mengingatkan hal yang wajar jika terjadi keberagaman pilihan yang akan muncul dalam masyarakat. Namun besar harapannya untuk mengawasi Pemilu bersama-sama dan tidak memutus tali persaudaraan yang ada.

“Jangan terpengaruh hal-hal seperti politik uang yang sangat canggih sekarang, diharapkan teman-teman memberikan informasi terkait potensi pelanggaran disampaikan saja kepada Bawaslu,” kata Herwyn.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life