Home » Bulgogi: Kelezatan Daging Panggang ala Korea

Bulgogi: Kelezatan Daging Panggang ala Korea

by Administrator Esensi
1 minutes read
https://asset.kompas.com/crops/MGdiKvcc-R0j5purun8FmiLeX_U=/0x0:0x0/750x500/data/photo/2020/12/23/5fe2c9413a6ce.jpg

Bulgogi adalah salah satu hidangan khas Korea yang telah menjadi salah satu favorit di berbagai belahan dunia. Nama “bulgogi” sendiri berasal dari bahasa Korea yang berarti “daging yang telah dimasak.” Hidangan ini terkenal dengan daging yang dipotong tipis, direndam dalam bumbu khas, dan dipanggang hingga gurih. Dalam artikel ini, kita akan mengungkap 10 fakta menarik tentang bulgogi:

Asal Usul yang Kaya

Bulgogi memiliki sejarah panjang yang berasal dari zaman kuno Korea. Hidangan ini pertama kali dikenal sebagai “maekjeok” dan dikonsumsi selama zaman Tiga Kerajaan (57 SM – 668 M).

Bahan Utama

Bulgogi biasanya menggunakan daging sapi, tetapi juga dapat dibuat dengan daging ayam atau babi. Daging tersebut dipotong tipis, memberikan tekstur yang lembut saat dimakan.

Bumbu Istimewa

Daging bulgogi direndam dalam bumbu khas yang terbuat dari campuran kecap, bawang putih, bawang bombay, gula, wijen, dan biji wijen. Bumbu ini memberikan cita rasa manis, gurih, dan pedas yang khas.

Pengendapan yang Lama

Dalam resep tradisional, daging dimarinasi dalam bumbu selama beberapa jam hingga semalaman agar bumbu meresap sempurna.

Pemanggangan yang Sempurna

Daging bulgogi sering dipanggang di atas bara api atau panggangan dengan api terbuka. Proses pemanggangan menghasilkan daging yang gurih dengan lapisan manis gula yang karamelisasi.

Baca Juga  Membongkar Sejarah Dekolonisasi Inggris: Fakta-Fakta Menarik

Tambahan Sayuran

Selain daging, bulgogi sering disajikan dengan sayuran, seperti wortel, bawang hijau, jamur, dan daun bawang. Ini menambahkan lapisan tekstur dan rasa pada hidangan.

Sajian Tradisional

Bulgogi biasanya disajikan dengan daun selada atau “ssam,” yang digunakan untuk membungkus daging dan sayuran sebelum dimakan.

Variasi Menu

Selain bulgogi yang disajikan sebagai hidangan utama, ada juga variasi hidangan seperti bulgogi hotpot, bulgogi burger, dan bulgogi sandwich.

Popularitas Global

Bulgogi telah menjadi makanan internasional yang populer dan dapat ditemukan di berbagai restoran Korea di luar negeri. Dengan rasanya yang istimewa, banyak orang di seluruh dunia telah jatuh cinta pada bulgogi.

Hari Bulgogi Nasional

Untuk menghormati kelezatan bulgogi, Korea Selatan merayakan “Hari Bulgogi Nasional” setiap tahun pada tanggal 6 Juli. Pada hari ini, banyak restoran menawarkan diskon khusus pada bulgogi.

Bulgogi adalah hidangan yang merayakan kelezatan daging yang lembut dan bumbu yang kaya. Kombinasi manis dan gurih dari bumbu bulgogi menciptakan rasa yang tidak akan pernah terlupakan. Selamat menikmati bulgogi, kelezatan daging panggang ala Korea yang telah memukau hati pecinta kuliner di seluruh dunia.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life