Home » Catat! Ternyata Ini 4 Penyebab Bayi Terlahir Sumbing

Catat! Ternyata Ini 4 Penyebab Bayi Terlahir Sumbing

by Raja H. Napitupulu
2 minutes read
Ilustrasi Bayi. Foto: Image by freepic.diller on Freepik

ESENSI.TV - JAMBI

Cacat lahir seperti sumbing sering sekali di temukan pada bayi baru lahir. Hal ini karena adanya ketidaksempurnaan pertumbuhan tulang tengkorak dan jaringan di bagian kepala serta wajah selama dalam kandungan.

Maka dari itu, sebagai seorang calon ibu, kamu harus tau apa saja hal yang dapat mempengaruhi keadaan calon bayimu dengan mengetahui faktor-faktor apa saja, sih yang dapat mempengaruhi keadaan bayi saat di kandungan.

Untuk itu, dilansir dari laman alodokter.com, ini dia 4 hal yang dapat menjadi faktor penyebab bayi lahir sumbing sehingga harus kamu perhatikan sebelum melahirkan memiliki bayi.

1. Genetik

Menurut penelitian, jika sebelumnya ada keluarga yang lahir dengan keadaan bibir sumbing, maka ada kemungkinan anakmu akan mengalami hal yang serupa.

Namun, jika dalam kondisi ini, kamu tidak bisa menghindari namun kamu bisa memilih calon pasanganmu berdasarkan bibit bebet dan bobotnya untuk mengurangi risiko kecacatan ini.

2. Merokok Selama Hamil

Rokok memang menjadi momok utama dalam berbagai masalah kesehatan.

Maka dari itu, jika moms adalah seorang perokok, saat sedang hamil sebaiknya hentikan kebiasaan ini. kebiasaan merokok saat hamil memiliki risiko lebih besar untuk melahirkan bayi dengan bibir sumbing.

Baca Juga  Malas Minum Air Putih? Hati-hati! Kamu Bisa Alami 4 Penderitaan Ini

Namun yang perlu kamu ketahui, ternyata tak hanya ibu yang merokok aktif, namun seorang yang sering terpapar asap rokok atau perokok pasif juga memiliki risiko yang sama.

3. Penderita Obesitas

Jika moms berencana untuk hamil, namun berat badan berlebih hingga tergolong obesitas, sebaiknya kamu menurunkan berat badan terlebih dahulu. Hal tersebut karena, ibu hamil yang mengalami obesitas berisiko melahirkan bayi dengan bibir sumbing.

4. Kekurangan Asupan Nutrisi

Seperti yang kamu ketahui, sudah menjadi kewajiban untuk mencukupi nutrisi saat sedang hamil.

Selain untuk kesehatan ibu, hal tersebut juga untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang janin. Vitamin A dan asam folat adalah pilihan baik untuk menjaga nutrisi kamu saat hamil dan mengurangi risiko melahirkan bayi dengan cacat bawaan lahir.

Nah, itu dia 4 faktor yang dapat mempengaruhi kelahiran bayi sumbing yang dapat dicegah. Walaupun ada beberapa yang tidak dapat dicegah, namun kamu masih bisa mencegahnya.

Penulis: Rheyna Leony
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral
#beritaterkini

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life