Home » Coba Tips Ini, Bebas Dampak Alergi Tanpa Konsumsi Obat

Coba Tips Ini, Bebas Dampak Alergi Tanpa Konsumsi Obat

by Erna Sari Ulina Girsang
1 minutes read
Ilustrasi alergi debu. Foto: Image by benzoix on Freepik

Alergi debu sudah menjadi umum bagi banyak warga kota, terutama akibat polusi udara dan debu atau sering disebut dengan serbuk sari yang dibawa angin dan terbang di udara.

Debu bisa masuk ke hidung secara langsung atau melekat dulu di pakaian dan benda-benda di sekitar kita.

Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap suatu zat, seperti debu dan melepaskan histamin, zat kimia yang ditemukan di beberapa sel tubuh.

Setelah histamin dilepaskan, gejala muncul di hidung, sinus, mata, tenggorokan bahkan telinga, kulit, dan perut. Seringkali akibatnya adalah pilek, bersin, sakit kepala, mata gatal dan berair, serta sakit tenggorokan.

Jika kamu mengalami kesulitan karena hal ini, ada beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi reaksi dan juga meredakan gejalanya, menurut Rachel Alexander, APRN, Norton eCare, sperti dilansir dari tulisan Maggie Roetker, seperti dilansir dari Norton Healthcare, dikutip Sabtu (28/10/2023).

Tanpa Bantuan Obat

Ini 9 cara mengatasi dampak alergi yang dapat kamu lakukan tanpa bantuan obat.

1. Batasi waktu Anda di luar ruangan. Jumlah serbuk sari paling tinggi terjadi pada siang hari, sore hari, dan saat cuaca berangin.

Baca Juga  Rugi Dong! Ini Dia 4 Alasan Skincare Kamu Ga Ngefek

2. Gunakan AC baik di dalam mobil maupun di rumah anda. Pertimbangkan filter HEPA untuk rumah.

3. Mandi di malam hari untuk membersihkan serbuk sari sebelum tidur. Pastikan untuk mencuci rambut kamu secara menyeluruh. Uap dari pancuran terkadang bermanfaat dalam meredakan gejala.

4. Gunakan larutan garam untuk membersihkan serbuk sari dari saluran hidung. Ada beberapa jenis yang tersedia, mulai dari neti pot hingga penyemprot khusus dan bahkan perangkat elektronik. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan tentang pilihan terbaik yang dapat kamu jalankan.

5. Jauhkan hewan peliharaan dari kamar kamu jika mereka berada di luar ruangan. Ini mengurangi jumlah serbuk sari di area tidur kamu.

6. Keringkan pakaian di mesin pengering, bukan di luar ruangan di tali jemuran.

7. Untuk mata gatal, gunakan kompres dingin untuk mengurangi gejalanya. Dan jangan digosok karena dapat memperburuk gejala.

8. Menyesap teh hangat untuk meredakan sakit tenggorokan akibat drainase. Saat kamu menyesap, hirup uapnya untuk mengurangi kemacetan sinus.

9. Untuk nyeri dan tekanan pada sinus, cobalah kompres hangat pada wajah kamu.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life