Home » Debat Pilpres Ketiga Digelar di Istora Senayan Jakarta

Debat Pilpres Ketiga Digelar di Istora Senayan Jakarta

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Tiga Calon Presiden RI Periode 2024-2029 dalam acara Debat Perdana Capres di Kantor KPU Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Foto: Tangkap layar siaran langsung acara

ESENSI.TV - JAKARTA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan debat ketiga Pilpres 2024 yang akan memajukan calon presiden (capres) dari tiga pasang calon akan dilangsungkan di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024) mendatang.

“Jadi, untuk debat ketiga itu akan dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2023 bertempat di Istora Senayan,” jelas Anggota KPU RI August Mellaz, kepada wartawan, di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (3/1/2024).

Hal ini disampaikannya seusai menggelar rapat persiapan debat ketiga bersama pihak tim pasangan calon presiden/wakil presiden serta media TV penyelenggara debat.

Adapun tema debat ketiga adalah  pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Auguts mengatakan sebelumnya pihaknya menetapkan empat tema, di mana pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri.

Kemudian, topik yang seharusnya digabung, yaitu hubungan internasional kami diperlus dengan topik globalisasi. Selanjutnya, isu geopolitik juga akan dibahas tersendiri yang juga telah diperluas dengan politik luar negeri.

Segmen Satu Visi dan Misi

Sementara itu, dia mengatakan format debat masih sama dengan debat pertama dan kedua.

Segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja yang dimulai lebih dahulu oleh capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan ditutup dengan penyampaian pernyataan kesimpulan oleh masing-masing capres pada segmen keenam.

Baca Juga  Komisi II Hasilkan Delapan Butir Kesimpulan Raker dengan Menteri PAN-RB

Dia mengatakan perubahan hanya pada venue. Sedangkan, layout dan prosedur lainnya tidak diubah atau relatif sama dengan debat kedua di Jakarta Convention Center (JCC).

Lebih jauh, dia mengemukakan KPU juga akan tetap menyediakan podium pada debat kedua capres tersebut.

Pada tanggal 12 Desember 2023 debat pertama Pilpres 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, kemudian debat kedua Pilpres 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Rangkaian debat capres/cawapres dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada tanggal 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.(ANTARA)

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life