Home » Gaji Dokter di Korsel Salah Satu Tertinggi di Dunia

Gaji Dokter di Korsel Salah Satu Tertinggi di Dunia

by fara dama
1 minutes read
Ada 2.500 Beasiswa Gratis untuk Dokter Spesialis Tahun Ini

ESENSI.TV - JAKARTA

Para dokter di Korea Selatan sedang melakukan mogok massal dan resign. Namun, siapa sangka gaji dokter di Korea menjadi salah satu tertinggi di dunia.

Menurut laporan Statistik Kesehatan OECD 2023, pendapatan para dokter di Korea melebihi rekan-rekan mereka di 27 negara anggota lainnya.

Pendapatan tahunan para dokter spesialis di Korea rata-rata mencapai 192.749 dolar AS pada 2020. Angka tersebut lebih tinggi 60 persen dari rata-rata negara-negara anggota OECD.

Sedangkan gaji dokter umum Korea menduduki peringkat keenam. Dokter praktek mandiri di Korea Selatan pada 2020 lalu memperoleh pendapatan tahunan sebesar 298.800 dolar AS.

Alasan Gaji Dokter Korea Tinggi

Alasan dokter di Korea Selatan memperoleh gaji yang lebih besar daripada negara OECD lainnya, karena jumlah tenaga profesional medis yang terbatas. Tidak sebanding dengan tingginya permintaan terhadap layanan kesehatan.

Baca Juga  Stress Karena Enggak Dipuji? Baca Ini, Mungkin Kamu Kena Gangguan Kepribadian Narsistik

Pada 2021, Korea Selatan mencatat bahwa 1.000 orang ditangani oleh rata-rata 2,6 dokter aktif. Termasuk praktisi pengobatan tradisional Korea. Angka ini hanya melampaui Meksiko yang berjumlah 2,5 dokter.

Korea Selatan juga menduduki peringkat rendah dalam jumlah lulusan sekolah kedokteran, yakni hanya 7,3 per 100 ribu orang. Namun, permintaan terhadap layanan medis masih tinggi. Hal ini juga yang menjadi alasan mogok masal dan resignnya para dokter di Korea.

Editor: Raja Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life