Home » Gubernur Sumut: Pekan Inovasi dan Investasi Diharapkan Beri Efek Masuknya Investor

Gubernur Sumut: Pekan Inovasi dan Investasi Diharapkan Beri Efek Masuknya Investor

by Junita Ariani
2 minutes read

ESENSI.TV - MEDAN

Seluruh investor baik dalam maupun luar negeri diajak untuk mengambil potensi investasi yang ada di Sumatera Utara (Sumut). Baik dari infrastruktur, pertanian, peternakan dan juga pangan.

“Banyak peluang dan kerja sama yang dapat dijalin dengan para investor,” kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Gubernur mengatakan itu pada kegiatan Pekan Inovasi dan Investasi Sumut ke-9 Tahun 2023 di Halaman Istana Maimun, Medan, Rabu (24/5/2023).

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho. Konsulat Jenderal (Konjen) dan Konsul Kehormatan Negara Sahabat di Medan, Forkopimda, Bupati/Walikota se-Sumut.

Rektor Perguruan Tinggi, Kadin Sumut, OPD Sumut, serta peserta para pengusaha yang mengikuti pameran.

Ia meminta Pekan Inovasi dan Investasi Sumut ini jangan hanya jadi ajang seremonial belaka. Namun, dapat memberikan efek pada masuknya invetasi di daerah ini.

Kepada para Konjen dan Konsul yang hadir, Edy juga meminta ide dan kerja sama yang dapat dilakukan kedua negara yang saling menguntungkan.

“Kita berharap ada masukan ide-ide yang dapat ditindaklanjuti dan jangan hanya sekadar event saja. Salah satunya adalah dalam urusan pangan. Kita dapat bekerja sama. Di mana saat ini kita masih impor daging dari Australia, sedangkan lahan kita luas untuk membudidayakan (ternak) itu,” katanya.

Baca Juga  Indonesia Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Turki

Harus Mampu Buka Lapangan Kerja

Pekan Inovasi dan Investasi Sumut tahun ini mengangkat tema ‘Peningkatan Hilirisasi Perkebunan dan Pemberdayaan Kemitraan UMKM sebagai Stimulus Perekonomian Sumut’.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sumut, Faisal Arif Nasution menyampaikan, produk hilirisasi harus mampu membuka lapangan kerja.

Menciptakan nilai tambah, meningkatkan devisa, dan membuat neraca perdagangan terus menerus menjadi positif.

“Karena itu hilirisasi berbagai komoditas harus terus didorong,” kata Faisal.

Dijelaskannya, kegiatan ini bertujuan menjadi wadah informasi tentang investasi dan potensi daerah. Menciptakan media promosi yang efektif dan objektif tentang pembangunan daerah. Untuk mempromosikan produk-produk strategis dan potensial, serta karya kreatif dan inovatif masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh 70 stan pameran yang diisi oleh Kementerian, OPD Sumut dan Kabupaten/Kota, BUMN BUMD, Perguruan Tinggi, Rumah Sakit, Perbankan dan pelaku usaha.

Usai acara pembukaan, Gubernur Edy Rahmayadi dan rombongan juga menyempatkan melihat beberapa stan pada pameran tersebut.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life