Home » Hari Pertama TEI, Indonesia Catatkan 99 Kontrak Dagang Senilai USD4,9 Miliar

Hari Pertama TEI, Indonesia Catatkan 99 Kontrak Dagang Senilai USD4,9 Miliar

by Junita Ariani
1 minutes read
Hari pertama Trade Expo Indonesia atau TEI ke-38 berhasil mencetak 99 kontrak dagang senilai USD4,9 miliar.

Hari pertama Trade Expo Indonesia atau TEI ke-38 berhasil mencetak 99 kontrak dagang senilai USD4,9 miliar. Penandatanganan kontrak berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, Rabu (18/10/2023).

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga turut menyaksikan penandatanganan kontrak tersebut.

“Sebanyak 99 kontrak dagang ditandatangani antara importir mancanegara dengan pelaku usaha Indonesia dengan total nilai mencapai USD4,9 miliar. Melalui penandatanganan ini diharapkan dapat menghasilkan transaksi konkrit yang berkelanjutan,” kata Jerry.

Sebanyak 18 negara mitra terlibat dalam penandatanganan kontrak tersebut. Adapun 5 transaksi terbesar disumbangkan dari India dengan nilai kontrak dagang sebesar USD3,3 miliar.

Disusul Belanda sebesar USD630,71 juta, Jepang USD326,90 juta, Malaysia USD232,69 juta dan Amerika Serikat sebesar USD220 juta.

Kontrak dagang lainnya juga dibukukan dari Australia sebesar USD77,67 juta, Inggris USD44 juta, Korea Selatan USD23,20 juta, Arab Saudi USD18,10 juta.

Kemudian Taiwan USD13,87 juta, Filipina USD13,32 juta, Brazil USD11,20 juta, Spanyol USD10,80 juta, Afrika Selatan USD4,37 juta.

Selanjutnya, Jerman USD2,04 juta, Mesir USD553,44 ribu, Hungaria USD80 ribu, dan Bangladesh USD70 ribu.

Baca Juga  Indonesia Hadapi Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Produk Indonesia yang termasuk dalam kontrak dagang ini meliputi kelapa sawit, makanan dan minuman,  kertas, furnitur, panel surya. Ada juga produk perikanan, batu bara, kelapa, personal care, kopi, dan lain-lain,” ungkap Wamendag.

Buka Peluang Transaksi Lebih Besar

Wamendag Jerry menyampaikan apresiasi kepada para kepala perwakilan RI di luar negeri yang telah memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman tersebut.

“Kami berharap para pelaku usaha Indonesia dan para pemangku kepentingan dapat terus menjalin hubungan bisnis yang lebih baik dan erat. Dengan mitra-mitranya di luar negeri,” pungkas Jerry.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi yang mendampingi Wamendag, mengharapkan kontrak dagang ini membuka peluang transaksi yang lebih besar.

“Angka tersebut merupakan pembuka yang baik dan kami berharap dapat terus bertambah selama penyelenggaraan TEI ke-38. Para pelaku usaha masih menjajaki dan menindaklanjuti permintaan dari calon mitra,” ujar Didi.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life