Home » Jalan Kaki 30 Menit per Hari Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung 30%, Tunggu Apa Lagi?

Jalan Kaki 30 Menit per Hari Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung 30%, Tunggu Apa Lagi?

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi jalan kaki. Foto: Image by Freepik

ESENSI.TV - JAKARTA

Berjalan kaki setiap hari adalah cara yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah kamu. Olahraga sederhana yang bisa dilakukan di mana saja ini dapat menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mengontrol gula darah.

“Berjalan kaki selama 20 hingga 30 menit sehari dapat mengurangi risiko penyakit jantung sekitar 30%,” kata Dr. Lauren Elson, ahli fisioterapi di Jaringan Rehabilitasi Spaulding yang berafiliasi dengan Harvard, seperti dikutip dari tulisan Julie Corliss, Editor Eksekutif, Harvard Heart Letter, Kamis (29/2/2024).

Namun jika tamasya di lingkungan sekitar kamu mulai terasa sedikit membosankan, kamu mungkin memerlukan inspirasi ekstra untuk terus mengenakan sepatu berjalan setiap hari.

Jika tertarik untuk lebih meningkatkan kesehatan kardiovaskular kamu, tambahkan beberapa jalan cepat ke dalam latihan.

Sedangkan, jika kamu selalu berjalan dengan kecepatan yang sama, tubuh akan Anda beradaptasi dengan tingkat aktivitas tersebut, dan manfaat yang berhubungan dengan jantung mulai stabil.

Jalan cepat dalam jangka waktu singkat secara bergantian dengan jangka waktu jalan lambat yang sama atau lebih lama (praktik yang dikenal sebagai latihan interval) dapat meningkatkan kebugaran jantung dalam waktu yang lebih singkat.

Baca Juga  Bursa Calon Ketum PSSI: Erick Thohir dan La Nyalla Sama-sama Punya Keunggulan

Strategi lain yang dapat kamu coba (secara mandiri atau dikombinasikan dengan latihan interval) mencakup gangguan atau tujuan — di sepanjang perjalanan atau di tujuan.

Pengaturan Waktu

Untuk melakukan interval, jam tangan dengan jarum detik bisa digunakan, tetapi pengatur waktu membuat segalanya lebih mudah.

Carilah yang memungkinkan kamu mengatur waktu kerja dan waktu pemulihan, lalu memberi tahu kapan waktunya untuk mempercepat atau memperlambat.

Kamu dapat membeli pengatur waktu individual seperti GymBoss, menggunakan jam tangan olahraga atau jam tangan pintar dengan fungsi interval, atau mengunduh aplikasi pengatur waktu interval ke ponsel cerdas.

Sepasang earbud juga berguna, namun lebih aman menggunakan satu earbud saja saat berjalan, sehingga telinga lainnya bebas dari suara di sekitar yang dapat mengingatkan akan bahaya, seperti mobil yang mendekat.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life