Home » Jokowi Temukan Sejumlah Kekurangan di RSUD Sibuhuan

Jokowi Temukan Sejumlah Kekurangan di RSUD Sibuhuan

by Junita Ariani
2 minutes read
Presiden Jokowi meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan di RSUD Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas, Sumatera Utara, Jumat (15/3/2024). 

ESENSI.TV - PADANGLAWAS, SUMUT

 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas, Sumatera Utara, sudah optimal bagi masyarakat.

Presiden Jokowi juga melihat proses pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang menurutnya sudah baik.

“Saya ingin memastikan pelayanan rumah sakit di sini baik. Dan, saya lihat tadi di pendaftaran BPJS semuanya berjalan cepat,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media.

Diketahui Presiden Jokowi meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan di RSUD Sibuhuan, Jumat (15/3/2024).

Ia menyampaikan bahwa RSUD Sibuhuan memiliki 17 dokter spesialis, lebih dari standar yang hanya tujuh. Namun, ia mengidentifikasi beberapa kekurangan seperti perlunya penambahan peralatan medis termasuk CT scan, mammografi, dan fasilitas kemoterapi. Serta peningkatan kapasitas gedung dan ruangan.

“Ini yang akan kita perbaiki, kita bangun, kita intervensi. Saya kira bagus lah,” imbuhnya.

Mengenai tambahan dokter spesialis, Kepapla Negara mengatakan, spesialisasi untuk jantung dan stroke mungkin perlu ditambahkan. Dan, hal ini akan ditindaklanjuti oleh Menteri Kesehatan.

Layanan BPJS

Sejumlah pasien pengguna BPJS Kesehatan mengungkapkan kepuasan mereka terhadap layanan BPJS yang lebih efisien berkat sistem daring.

Indah Simanjuntak dan Agnes Situmorang, berbagi pengalaman tentang proses rujukan yang cepat dari puskesmas ke RSUD. Mereka juga menyebut layanan BPJS sangat membantu, terutama dalam hal biaya kesehatan.

Baca Juga  Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan Tahap ke-2 ke Palestina

“Misalkan kalau kita bandingkan berobat ke swasta ya lebih mahal biayanya. Sementara pelayanannya tetap sama, tidak dibeda-bedakan. Tetap dapat obat yang bagus, dapat dokter yang bagus, jadi sama saja. Sangat membantu,” ujar mereka.

Yudha, peserta BPJS Kesehatan lainnya, juga memuji kecepatan layanan di RSUD Sibuhuan. Ia menyatakan kegembiraannya dapat bertemu Presiden Jokowi dan berharap pemerintah selanjutnya akan terus memperhatikan kesejahteraan daerah tersebut.

“Terima kasih Bapak Presiden sudah mengunjungi rumah sakit daerah kita ini. Mudah-mudahan daerah kita dan rumah sakit ini makin maju,” tutur Yudha.

Kunjungan Presiden ke RSUD Sibuhuan ini menunjukkan upaya berkelanjutan pemerintah dalam memastikan aksesibilitas. Dan, kualitas layanan kesehatan yang merata di seluruh Indonesia.

Ini juga menandakan komitmen jangka panjang untuk memajukan infrastruktur kesehatan dan memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Sumatra Utara Hassanudin, dan Pj Bupati Padang Lawas Edy Junaedi. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life