Home » Jokowi Tunjuk Kepala Badan Pangan Sebagai Plt Mentan Gantikan Syahrul Yasin Limpo

Jokowi Tunjuk Kepala Badan Pangan Sebagai Plt Mentan Gantikan Syahrul Yasin Limpo

by Erna Sari Ulina Girsang
1 minutes read
Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo. Foto: Ist

Presiden Joko Widodo mengatakan telah menerima surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai Menteri Pertanian RI.

Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo sebagai Plt Mentan.

“Penggantinya masih Plt, Plt-nya Pak Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan,” ujar Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Presiden menjelaskan alasan pemilihan Arief Prasetyo sebagai Plt Mentan untuk memudahkan koordinasi antara lembaga, serta memastikan adanya kepemimpinan di Kementerian Pertanian.

“Supaya anu saja, lebih koordinatif, lebih memudahkan, karena biasanya kita Bulog, Badan Pangan, Mentan ini, Menteri Perdagangan selalu harus satu. Jadi untuk konsolidasi saja biar memudahkan, itu saja,” jelas Presiden.

Seperti diketahui, Badan Pangan Nasional dibentuk pada tanggal 29 Juli 2021 melalui Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2021.

Tugas dan fungsi yang dilaksanakan oleh Badan Ketahanan Pangan (BKP) diintegrasikan menjadi tugas dan fungsi Badan Pangan Nasional.

SYL Fokus Hadapi Proses Hukum

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo (SYL) secara resmi mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian Republik Indonesia, Kamis (5/10/2023) sore.

Baca Juga  Baznas Serahkan Beasiswa Prestasi dan Bantuan Lansia di Yogyakarta

Pengunduran dirinya terkait dengan kasus korupsi di Kementerian Pertanian yang telah menjeratnya sebagai tersangka.

Sedangkan, surat pengunduran diri politisi Partai Nasdem ini disampaikan kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno

“Sore ini hari ini datang meminta waktu kepada Presiden dan diberi kesempatan melalui Mensesneg untuk menyampaikan surat pengunduran diri saya sebagai Menteri,” jelasnya, kepada wartawan, seusai menyerahkan surat tersebut di Kantor Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Dia mengatakan alasan mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang sedang dihadapi dan dia juga mengaku selalu siap menghadapi persoalan ini secara serius.

“Walaupun berharap jangan ada stigma, seperti  menghakimi. Biarkan proses hukum berlangsung dengan baik dan saya siap hadapi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, dia menjelaskan bahwa dirinya meniti karir mulai dari jabatan Lurah, kemudian Camat.

Syahrul Yasin Limpo sudah 25 tahun menjadi kepala daerah, 10 tahun jadi Bupati, Wakil Bupati 5 tahun 10 tahun menjadi Gubernur.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life