Home » Karate Merah Putih Sumbang 2 Emas, 4 Perak dan 7 Perunggu di SEA Games

Karate Merah Putih Sumbang 2 Emas, 4 Perak dan 7 Perunggu di SEA Games

by Junita Ariani
1 minutes read

ESENSI.TV - BANTEN

Kontingen cabang olahraga (cabor) Karate Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja telah tiba di tanah air. Total medali yang dipersembahkan berjumlah 13.

Dua emas ditorehkan Ahmad Zigi Zaresta Putra di Kelas Kata Male Individual dan Kelas Men’s Kumite Individual oleh Dandi Firmansyah. Selebihnya, empat perak dan tujuh perunggu oleh atlet-atlet lainnya.

Meski hanya memperoeh dua emas, Sekjen PB FORKI Raja Sapta Ervian, tetap bersyukur dan akan melakukan evaluasi menyeluruh.

“Performa atlet-atlet ini sudah sangat maksimal,” kata Raja Sapta, saat penjemputan di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Selasa (9/5/2023) malam.

Dikatakannya, dipertengahan tahunn 2022, ada sekitar setengah tahun diistirahatkan.

“Tapi saya lihat mereka tampil maksimal sedaya upaya mereka bisa,” katanya.

Ia merima laporan adanya kejanggalan-kejanggalan di lapangan saat bertanding yang disinyalir merugikan Kontingen Merah Putih. PB FORKI akan mempelajari dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk dengan Kemenpora.

Baca Juga  Naturalisasi Rampung, Erick Thohir: Ivar Jenner dan Rafael Siap Memperkuat Skuat Timnas Indonesia

“Kita tidak boleh menjadikan atlet-atlet dari berbagai negara manapun yang mengorbankan latihan mereka bertahun-tahun hanya dalam waktu tiga menit. Itu tidak boleh. Itu kejahatan internasional bila benar-benar demikian. Ini akan kita pelajari lebih lanjut,” tegasnya.

Adapun Zigi maupun Dandi, menyerahkan sepenuhnya hal-hal kejanggalan tersebut kepada federasi. Sebagai atlet hanya ada kata siap untuk terus berlatih.

“Kalau saya sebagai atlet justru melihatnya latihan harus lebih keras lagi, lebih lagi. Karena kita harus menang telak. Jadi kalau telak dalam hal apapun susah untuk dicurangi. Jadi kami sebagai atlet berpikirnya jiwa kesatria saja, permainan yang terbaik. Dan yang jelas harus punya kemampuan lebih daripada lawan,” tambah Dandi, penyumbang emas kedua karate ini. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life

Pagespeed Optimization by Lighthouse.