Home » KemenPPN/Bappenas Luncurkan Web Untuk Tampung Masukan

KemenPPN/Bappenas Luncurkan Web Untuk Tampung Masukan

by Administrator Esensi
2 minutes read
Indonesia segera memiliki Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) terbaru, yakni RPJPN 2025-2045 yang mengusung visi Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan. Sebagai strategi pelibatan masyarakat dalam proses penyusunan RPJPN 2025-2045 yang ditargetkan menjadi undang-undang pada September 2023, Konsultasi Publik RPJPN 2025-2045 dilaksanakan Kementerian PPN/Bappenas di Nusa Dua, Bali, Jumat (19/5). RPJPN 2025-2045 menuangkan target dan sasaran pembangunan menujui Indonesia Emas 2045. Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti memaparkan, Indonesia Emas 2045 dicapai dengan tiga upaya transformasi, yaitu transformasi sosial, transformasi ekonomi, dan transformasi tata kelola di setiap wilayah Indonesia. “Penting diterapkan wilayah adalah pusat-pusat pertumbuhan baru, percepatan, pengembangan, dan operasionalisasi kawasan strategis yang sudah ada sebagai engine of growth baru, dan juga penyelesaian jalan lintas pulau dan provinsi, dan terakhir adalah peningkatan konektivitas intra dan antarwilayah, baik di Papua maupun wilayah lain di Indonesia,” ujar Deputi Amalia. Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Taufik Hanafi menyatakan komitmen Kementerian PPN/Bappenas untuk menyusun RPJPN 2025-2045 secara inklusif, mengundang seluas-luasnya seluruh komponen masyarakat untuk memberikan masukan. “Proses perencanaan yang kita lewati melalui Forum Konsultasi Publik ini merupakan tahapan yang sangat penting, seperti yang diamanatkan di dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,” ungkap Sesmen Taufik. RPJPN 2025-2045 akan menjadi pedoman bagi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2025-2029, Rencana Kerja Pemerintah, serta dijabarkan sebagai pedoman Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Bertepatan dengan konsultasi publik, Kementerian PPN/Bappenas meluncurkan situs web untuk mengakomodasi masukan masyarakat seluruh Indonesia. “Kita sudah masuk media digitalisasi sehingga kita harapkan masukan-masukan itu bisa terdokumentasi dengan baik, melalui website indonesia2045.go.id yang bisa mengakomodir masukan atau tanggapan masyarakat Indonesia,” tutur Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik Kementerian PPN/Bappenas Eka Chandra Buana.

ESENSI.TV - JAKARTA

Indonesia segera memiliki Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) terbaru. Yakni RPJPN 2025-2045 yang mengusung visi Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan.

Sebagai strategi pelibatan masyarakat dalam proses penyusunan RPJPN 2025-2045 yang ditargetkan menjadi undang-undang pada September 2023. Konsultasi Publik RPJPN 2025-2045 dilaksanakan Kementerian PPN/Bappenas di Nusa Dua, Bali, Jumat (19/5). RPJPN 2025-2045 menuangkan target dan sasaran pembangunan menujui Indonesia Emas 2045.

Upaya Transformasi Negara Indonesia

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti memaparkan, Indonesia Emas 2045 dicapai dengan tiga upaya transformasi. Yaitu transformasi sosial, transformasi ekonomi, dan transformasi tata kelola di setiap wilayah Indonesia.

“Penting diterapkan wilayah adalah pusat-pusat pertumbuhan baru, percepatan, pengembangan, dan operasionalisasi kawasan strategis yang sudah ada sebagai engine of growth baru. Dan juga penyelesaian jalan lintas pulau dan provinsi. Dan terakhir adalah peningkatan konektivitas intra dan antarwilayah. Baik di Papua maupun wilayah lain di Indonesia,” ujar Deputi Amalia.

Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Taufik Hanafi menyatakan, komitmen Kementerian PPN/Bappenas untuk menyusun RPJPN 2025-2045 secara inklusif,. Mengundang seluas-luasnya seluruh komponen masyarakat untuk memberikan masukan.

Baca Juga  Kampus Jadi "Parik Entrepreneur", Mungkinkah?

“Proses perencanaan yang kita lewati melalui Forum Konsultasi Publik ini merupakan tahapan yang sangat penting. Seperti yang diamanatkan di dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,” ungkap Sesmen Taufik.

KemenPPN/Bappenas Luncurkan Web Untuk Masukan Masyarakat

RPJPN 2025-2045 akan menjadi pedoman bagi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2025-2029, Rencana Kerja Pemerintah, serta dijabarkan sebagai pedoman Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Bertepatan dengan konsultasi publik, Kementerian PPN/Bappenas meluncurkan situs web untuk mengakomodasi masukan masyarakat seluruh Indonesia.

“Kita sudah masuk media digitalisasi sehingga kita harapkan masukan-masukan itu bisa terdokumentasi dengan baik. Melalui website indonesia2045.go.id yang bisa mengakomodir masukan atau tanggapan masyarakat Indonesia,” tutur Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik Kementerian PPN/Bappenas Eka Chandra Buana.

Editor: Nabila Tias Novrianda/Addinda Zen

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life