Home » Kepala BMKG: El Nino Diprediksi Masih Berlangsung hingga Akhir Oktober

Kepala BMKG: El Nino Diprediksi Masih Berlangsung hingga Akhir Oktober

by Ale Luna
1 minutes read
Kepala BMKG: El Nino Diprediksi Masih Berlangsung hingga Akhir Oktober/Biro Setpres

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebut bahwa berdasarkan data satelit, kondisi El Nino diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir Oktober 2023.

Selanjutnya pada bulan November, akan terjadi transisi dari musim kemarau ke musim hujan. Hal ini lantaran masuknya angin monsun dari arah Asia mulai November.

“Alhamdulillah karena adanya angin monsun dari arah Asia sudah masuk mulai November, jadi insya allah akan mulai turun hujan di bulan November. Artinya pengaruh El Nino akan mulai tersapu oleh hujan sehingga diharapkan kemarau kering insya allah berakhir secara bertahap”, kata Dwikorita Karnawati usai rapat terbatas di Istana Merdeka, dilansir laman resmi www.bmkg.go.id, Rabu (4/10).

Lebih lanjut Dwikorita mengimbau masyarakat untuk berhati-hati agar tidak mengakibatkan nyala api karena kondisi masih kering, sehingga jika terjadi kebakaran maka pemadaman akan sulit dilakukan.

Baca Juga  Sehat Banget! Ada Kafe Jamu di RSUP Dr. Sardjito

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menghadiri rapat terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka untuk membahas mitigasi dampak fenomena El Nino yang sedang melanda Indonesia.

Beberapa jajaran Presiden turut menghadiri rapat terbatas ini yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi.

Dalam rapat tersebut, Presiden Joko Widodo dan jajarannya membahas berbagai aspek terkait El Nino, termasuk masalah kekeringan, ketersediaan air bersih, situasi pertanian, serta antisipasi dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

El Nino merupakan fenomena iklim yang dapat memengaruhi pola cuaca di berbagai wilayah, menyebabkan kemarau yang panjang dan cuaca ekstrem.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life