Home » Korea Selatan Jadi Negara Dengan Tingkat Kelahiran Terendah Di Dunia

Korea Selatan Jadi Negara Dengan Tingkat Kelahiran Terendah Di Dunia

by fara dama
1 minutes read
Ilustrasi Ibu Hamil

ESENSI.TV - JAKARTA

Negara-negara maju cenderung mengalami penurunan kelahiran, namun tidak ada yang seekstrem Korea Selatan. Dilansir dari BBC, (1/3) tingkat kelahiran di Korea Selatan adalah yang terendah di dunia dan angkanya terus menurun, melampaui rekor terendah dari tahun ke tahun.

Angka yang dirilis pada Rabu (28/02) menunjukkan penurunan sebesar 8% pada tahun 2023 menjadi 0,7. Angka itu adalah jumlah anak yang diharapkan dimiliki oleh seorang perempuan seumur hidupnya. Agar populasi tetap stabil, angka yang seharusnya adalah 2,1.

Jika ini terus berlanjut, populasi Korea Selatan diperkirakan akan berkurang setengahnya pada tahun 2100. Diperkirakan dalam waktu 50 tahun, jumlah penduduk usia kerja akan berkurang setengah. Hampir separuh populasi akan berusia diatas 65 tahun.

Jika dibiarkan hal ini akan berdampak buruk bagi perekonomian, dana pensiun, dan keamanan negara sehingga para politisi menyatakannya sebagai “darurat nasional”.

Baca Juga  Menikmati Keindahan Gunung Bromo: Surga Wisata Alam di Jawa Timur

Upaya Pemerintah dan Penyebab Masalah Ini

Selama hampir 20 tahun, pemerintah Korsel rutin mengeluarkan dana untuk mengatasi masalah ini. Tepatnya memberikan sekitar KRW 379,8 triliun (Rp4.456 triliun).

Dana sebesar itu digelontorkan untuk bantuan yang diberikan kepada orang tua dan anak seperti pasangan yang memiliki anak diberikan perumahan bersubsidi, hingga bantuan layanan kesehatan.

Namun, perlu diperhatikan juga penyebab masalah ini. Salah satunya dipengaruhi karena negara ini memiliki kesenjangan upah antar gender yang buruk. Wanita memiliki upah yang lebih kecil dibandingkan laki-laki. Menurut peneliti, budaya kerja yang tinggi juga menyebabkan penduduk Korea Selatan dihadapkan pada pilihan memiliki karier atau memiliki keluarga.

Editor : Raja Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life