Home » KPU Terima Pendaftaran Prabowo – Gibran Sebagai Capres – Cawapres 2024-2029

KPU Terima Pendaftaran Prabowo – Gibran Sebagai Capres – Cawapres 2024-2029

by Erna Sari Ulina Girsang
1 minutes read
KPU menerima pendaftaran Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, didampingi para partai pengusung, di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Foto: Tangkap layan siaran langsung kegiatan di youtube resmi KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima pendaftaran Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka menjadi Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk Pilpres 2024, Rabu (25/10/2023).

Pasangan capres – cawapres menyerahkan dokumen pendaftaran dihantarakan oleh para ketua umum partai politik pendukung, yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Kemudian, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Prima.

Pendaftaran Prabowo – Gibran Calon sebagai Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024, diterima disambut oleh Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno.

Selanjutnya, rombongan memasuki ruang pendaftaran diterima Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Turun menyambut Anggota KPU Idham Holik, August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Yulianto Sudrajat, Mochammad Afifuddin dan Parsadaan Harahap serta disaksikan pejabat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Pascapendaftaran KPU selanjutnya melakukan pemeriksaan berkas yang ukurannya didasarkan pada dua hal, lengkap atau belum lengkap.

Apabila dinyatakan lengkap, setelahnya KPU akan melakukan verifikasi yang ukurannya benar atau belum dan sah atau belum.

Sehingga kemudian apabila ada dokumen belum benar dan sah masih ada kesempatan memperbaiki disepanjang waktu verifikasi persyaratan.

Baca Juga  Bersih-bersih BUMN, Kejagung Didesak Usut Dugaan Korupsi 7 Ton Emas di PT Antam

Kedatangan Prabowo – Gibran ke KPU diarak oleh ribuan masa yang berasal dari anggota partai pendukung, simpatisan dan relawan.

Konsentrasi Massa Sekitar 32.500 Orang

Konsentrasi massa di Indonesia Arena diperkirakan akan mencapai 32.500, yang terdiri dari sekitar 20.000 orang dari partai koalisi, selebihnya dari relawan partai dan relawan cawapres.

Sebelum ke KPU, massa berkumpul di  Indonesia Arena sejak pukul 06.30 WIB. Acara dimulai dengan menyanyikan lagi-lagu kebangsaan, kemudian lagu hiburan, serta orasi dari masing-masing perwakilan partai.

Kemudian, sekitar pukul 09.30 WIB, Prabowo – Gibran dan para ketua umum partai tiba di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta.

Pada kesempatan itu, baik Prabowo maupun Gibran memyampaikan pidato pertamanya setelah dipasangkan secara resmi menjadi capres dan cawapres periode 2024 – 2029.

Setelah acara di Indonesia Arena ditutup, maka capres dan cawapres serta rombongan akan bergerak ke Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life