Home » Makanan Tradisional Sulawesi Utara: Cicipi Kelezatan dari Tanah Minahasa

Makanan Tradisional Sulawesi Utara: Cicipi Kelezatan dari Tanah Minahasa

by Lyta Permatasari
2 minutes read
Makanan Khas Sulawesi Utara

ESENSI.TV - JAKARTA

Yuk, kita jalan-jalan kuliner ke Sulawesi Utara! Daerah ini terkenal dengan kekayaan budaya dan kelezatan kuliner tradisionalnya. Jika Anda sedang berada di Sulawesi Utara atau berencana mengunjunginya, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba makanan tradisional khas daerah ini. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa makanan tradisional Sulawesi Utara yang wajib dicicipi. Jadi, siap-siap untuk menikmati kelezatan kuliner Sulawesi Utara ini!

  1. Babi Rica: Kenikmatan Pedas yang Menggugah Selera

Kita tidak bisa berbicara tentang makanan tradisional Sulawesi Utara tanpa menyebutkan Babi Rica. Babi Rica adalah hidangan ikonik dari Manado yang terkenal dengan rasa pedasnya yang khas. Potongan daging babi dimasak dengan bumbu-bumbu rempah seperti cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas. Rasanya yang pedas, gurih, dan sedikit asam akan membuat lidah Anda bergoyang. Nikmati Babi Rica ini dengan nasi putih hangat dan sayuran segar sebagai pendampingnya. Santaplah dengan santai di warung makan tradisional Manado dan rasakan kelezatannya!

  1. Tinutuan: Sarapan yang Mengenyangkan dan Sehat

Saat di Sulawesi Utara, jangan lewatkan sarapan yang lezat dan sehat dengan mencoba Tinutuan. Tinutuan adalah bubur nasi khas Manado yang terbuat dari campuran beras, jagung, ubi, labu, bayam, dan sayuran lainnya. Rasanya yang gurih dan lezat akan memanjakan lidah Anda di pagi hari. Tinutuan biasanya disajikan dengan tambahan irisan daun bawang, irisan cabai rawit, dan kerupuk sebagai pelengkap. Nikmati Tinutuan dengan santai, duduk di warung kopi sambil menikmati semilir angin pagi Sulawesi Utara.

  1. Panada: Camilan Gurih dan Mengenyangkan

Jika Anda mencari camilan yang enak dan mengenyangkan, coba Panada. Panada adalah pastel khas Minahasa yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan campuran daging cincang, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah khas Sulawesi Utara. Panada kemudian digoreng hingga kecokelatan. Rasanya yang gurih, kaya rempah, dan daging yang lezat akan memanjakan lidah Anda. Santap Panada ini dengan santai sambil duduk di pantai atau taman, menikmati keindahan alam Sulawesi Utara.

  1. Ayam Rica-Rica: Pedas dan Gurih, Sejuta Kenikmatan di Tangan Anda
Baca Juga  Ayo Nikmati Kelezatan Kuliner Tradisional Kepulauan Riau yang Menggoyang Lidah!

Ayam Rica-Rica adalah hidangan ayam pedas khas Minahasa yang tak boleh Anda lewatkan. Ayam dipotong menjadi bagian-bagian kecil dan dimasak dengan bumbu rica-rica yang terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya. Rasanya yang pedas, gurih, dan sedikit asam akan membuat Anda ketagihan. Ayam Rica-Rica biasanya disajikan dengan nasi putih, sayur kangkung, dan sambal sebagai pelengkapnya. Nikmati ayam Rica-Rica ini dengan santai di warung makan tradisional Minahasa dan rasakan ledakan rasa di mulut Anda!

  1. Klappertaart: Manisnya Kelezatan Tradisional Sulawesi Utara

Setelah menjelajahi hidangan-hidangan pedas, saatnya kita merasakan manisnya kuliner tradisional Sulawesi Utara dengan mencicipi Klappertaart. Klappertaart adalah kue tart khas Manado yang terbuat dari campuran kelapa parut, telur, gula, dan mentega. Rasanya yang manis, gurih, dan memiliki tekstur lembut akan membuat Anda ketagihan. Klappertaart biasanya dihiasi dengan irisan kelapa parut atau potongan buah sebagai hiasan. Santaplah Klappertaart dengan santai sambil menikmati secangkir kopi atau teh di kedai kopi tradisional Sulawesi Utara.

Itulah beberapa makanan tradisional Sulawesi Utara yang wajib dicicipi. Setiap hidangan memiliki ciri khas dan kelezatan yang unik. Nikmati kelezatan kuliner Sulawesi Utara dengan duduk bersama teman dan keluarga tercinta. Jangan lupa, cicipi juga hidangan-hidangan lainnya seperti brenebon, ikan bakar, cakalang fufu, dan masih banyak lagi. Selamat menikmati kelezatan kuliner tradisional Sulawesi Utara dengan penuh kegembiraan!

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life