Home » Menag Berharap Seluruh Umat Islam di Indonesia Rayakan Idulfitri Bersama-sama Dengan Penuh Sukacita

Menag Berharap Seluruh Umat Islam di Indonesia Rayakan Idulfitri Bersama-sama Dengan Penuh Sukacita

by Raja H. Napitupulu
1 minutes read
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan hasil sidang isbat, di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Selasa (09/04/2024). Foto: Setkab

ESENSI.TV - JAKARTA

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berharap seluruh umat Islam di Indonesia dapat merayakan Idulfitri bersama-sama dengan penuh sukacita.

Dia mengatakan Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah/2024 Masehi jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024. Hal itu berdasarkan keputusan sidang isbat yang digelar Pemerintah melibatkan organisasi keagamaan dan keilmuan.

“Berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria MABIMS serta adanya laporan hilal yang terlihat. Disepakati bahwa 1 Syawal Tahun 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu, tanggal 10 April 2024 Masehi.” Jelas Yaqut Cholil Qoumas, di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Selasa (09/04/2024).

Menag memaparkan berdasarkan paparan dari Tim Hisab Rukyat Kemenag posisi hilal sudah memenuhi kriteria imkanur rukyat MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Syaratnya, ketinggian hilal minimal 3 derajat dan sudut elongasi minimal 6,4 derajat.

Baca Juga  Cek Harga Tiket Garuda Program Lebaran ke Jakarta

“Data posisi hilal hari ini yang tadi sudah disampaikan di seluruh Indonesia, yaitu pada ketinggian hilal yang berkisar pada 4 derajat 52,71 menit sampai dengan 7 derajat 37,84 menit, dan sudut elongasi berkisar antara 8 derajat 23,68 menit sampai dengan 10 derajat 12,94 menit,” jelasnya, seperti dilansir dari keterangan resmi Setkab, dikutip Rabu (10/4/2024).

“Mudah-mudahan keputusan ini merupakan wujud kebersamaan umat Islam di seluruh Indonesia baik dalam menjalankan ibadah maupun dalam bermusyawarah, bermufakat, bermasyarakat, di dalam naungan tanah air yang sama,” sambungnya.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life