Home » Menaker Optimalkan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia

Menaker Optimalkan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia

by Junita Ariani
1 minutes read
Menaker Ida Fauziyah dalam sosialisasi optimalisasi pelindungan Jaminan Sosial bagi Pekerja Migran Indonesia

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar Sosialisasi Peraturan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 4 Tahun 2023.

Sosialisasi yang dilakukan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa (10/10/2023) guna optimalisasi pelindungan Jaminan Sosial bagi Pekerja Migran Indonesia atau PMI.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, Pemerintah memiliki komitmen mewujudkan terjaminnya pemenuhan hak PMI. Baik sebelum bekerja, selama bekerja bahkan setelah bekerja.

“Saya harap Permenaker Nomor 4 Tahun 2023, dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri. Khsusunya masyarakat Kabupaten Indramayu,” ucap Menaker Ida.

Bekerja di luar negeri lanjut Ida Fauziyah merupakan hak setiap masyarakat. Pemerintah hanya bisa memfasilitasi dan memastikan pemenuhan hak pekerja migran. Dengan cara mengatur segala tahapan yang harus dilalui untuk menjadi Pekerja Migran Indonesia.

Menaker mengatakan, program yang telah dilakukan dalam memastikan hak PMI, seperti membuat Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) PMI di Provinsi, Kabupaten/Kota termasuk di Indramayu.

Baca Juga  Inilah Rempah-Rempah Khas Indonesia yang Mendunia

Program lainnya, membentuk Desa Migran Produktif (Desmigratif) di desa-desa yang menjadi kantong-kantong Pekerja Migran Indonesia.

“Program itu semua bertujuan untuk memberikan pelayanan dan pelindungan kepada masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri,” ujar Menaker Ida.

Menaker berpesan kepada calon atau Pekerja Migran Indonesia untuk bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Tunjukkan bahwa pekerja Indonesia adalah pekerja yang terbaik,” katanya.

Sementara Plt Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker, Haiyani Rumondang menjelaskan, sosialisasi ini bukti bahwa Pemerintah hadir untuk melindungi seluruh PMI.

“Untuk memberikan rasa aman kepada Pekerja Migran Indonesia,” imbuhnya.

Sedangkan Bupati Indramayu Nina Agustina, menambahkan, Kabupaten Indramayu merupakan daerah kantong PMI baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Sehingga Pemerintah Kabupaten Indramayu selalu mengupayakan yang terbaik bagi Pekerja Migran Indonesia. *

beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life