Home » NATO Dukung Ukraina Perkuat Pendidikan Militer

NATO Dukung Ukraina Perkuat Pendidikan Militer

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Peserta Konferensi Komandan Pusat Pelatihan dan Pendidikan Kemitraan Tahunan (PTEC) ke-22 NATO, di Bogota, Kolombia, berfoto bersama, Rabu (31/5/2023). Foto: NATO

ESENSI.TV - JAKARTA

North Atlantic Treaty Organization (NATO) melalui Komunitas Pusat Pelatihan dan Pendidikan Kemitraan akan mendukung Ukraina dalam memperkuat pendidikan militernya.

Dukungan dilakukan untuk berbagai bidang, mulai dari pertahanan dunia maya, keamanan energi, pelatihan ranjau dan pelatihan bahasa Inggris.

Hal ini disepakati pada Konferensi Komandan Pusat Pelatihan dan Pendidikan Kemitraan Tahunan (PTEC) ke-22 NATO, di Bogota, Kolombia, Rabu (31/5/2023), seperti dilansir dari laman resmi NATO.

Beberapa sesi pertemuan didedikasikan untuk dukungan yang dapat diberikan komunitas PTEC ke Ukraina dalam jangka menengah hingga panjang.

Komandan PTEC menerima pengarahan terperinci tentang prioritas Ukraina dari perwakilan Kantor Penghubung NATO ke Ukraina.

Penghargaan juga diperoleh dari lembaga pertahanan nasional Ukraina, termasuk Akademi Nasional Pengawal Nasional Ukraina.

Serta, Akademi Nasional Bohdan Khmelnytskyi dari Layanan Penjaga Perbatasan Negara Ukraina.

Pada kesempatan itu, Komandan PTEC Ukraina, International Peacekeeping and Security Center (IPSC), juga mempresentasikan ambisi masa depan Pusat tersebut.

IPSC, yang dibom oleh Rusia pada Maret 2022, melanjutkan pekerjaannya dan bertujuan untuk menerima akreditasi NATO.

Baca Juga  NATO Kutuk Keputusan Rusia ke Luar Dari Perjanjian Perdamaian Eropa

Libatkan Masyarakat di NATO

Perwakilan PTEC juga bertukar gagasan tentang bagaimana mendorong lebih banyak lagi keterlibatan masyarakat dalam kerja sama keamanan dan pertahanan praktis NATO.

Mereka menegaskan kembali kesiapan mereka untuk lebih terlibat dalam implementasi program-program peningkatan kapasitas utama NATO.

Termasuk paket-paket Pengembangan Kapasitas Pertahanan untuk Bosnia dan Herzegovina, Yordania, Mauritania, Moldova, dan Tunisia.

Konferensi Komandan PTEC tahun ini menyediakan platform unik untuk membahas kontribusi komunitas PTEC terhadap agenda peningkatan kapasitas pertahanan NATO

Kebijakan ini untuk mengidentifikasi bidang kerja sama militer praktis seperti yang dijelaskan dalam konsep PTEC Dewan Atlantik Utara.

Konferensi tersebut diketuai bersama oleh Markas Besar Transformasi Komando Tertinggi Sekutu (HQ SACT) dan Sekolah NATO Oberammergau (NSO).

Konferensi ini diselenggarakan oleh PTEC Kolombia – Pusat Penghapusan Ranjau Internasional Kolombia (CIDES).

Acara tersebut merupakan kesempatan bagi CIDES untuk menyoroti pencapaian pendidikan dan pelatihannya di bidang operasional dan penghapusan ranjau kemanusiaan.*

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaterkini
#beritaviral

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life