Home » Orang Tua Wajib Tahu, 4 Bercanda Yang Bahaya Untuk Bayi

Orang Tua Wajib Tahu, 4 Bercanda Yang Bahaya Untuk Bayi

by Raja H. Napitupulu
2 minutes read
Finger food merupakan makanan padat yang dipotong kecil dan mudah dipegang oleh bayi yang baru mulai menjalani diversifikasi makanan.

ESENSI.TV - JAMBI

Bercanda dengan bayi pasti menjadi kegiatan yang menyenagkan bagi para orang tua. Saat melihat si kecil tertawa, pastilah kita juga akan ikut bahagia.

Tapi guys, ternyata tidak semua jenis bercandaan, lho yang dapat kamu lakukan untuk menghibur si kecil, ada beberapa bercandaan sepele yang ternyata bahaya untuk bayi.

Menurut Dokter Spesialis Anak Memorial Care Medical Group Eric Morley, M.D. dikutip dari laman Romper mengungkapan, umumnya bayi tidak akan tertawa sampai berusia sekitar 4 bulan.

Nah, untuk tahu lebih lanjut apa saja bercanda yang perlu dihindari untuk di lakukan kepada si kecil agar tidak bahaya? Ini dia pejelasannya di lansir dari laman kumparan.com.

1. Menggelitik

Hal satu ini pasti menjadi cara yang paling sering membuat bayi tertawa bahkan hingga terbahak-bahak.

Namun tahukah kamu? ternyata respon tertawanya si kecil bisa jadi bukan karena senang, melainkan ketidak nyamanan.

Menggelitik dapat membuat bayi tersedak dan menggangu perkembangan sensoriknya. Sebaiknya kamu tidak melakukan hal ini kepada anakmu karena mereka belum bisa mengungkapkan rasa ketidaknyamanannya.

2. Mengguncang Tubuh

Dilansir dari Kid’s Health, mengguncang tubuh bayi dapat menggangu perkembangan otaknya. Bahkan guncangan yang terlalu keras dapat menyebabkan pendarahan otak hingga beresiko kematian.

Baca Juga  Ini 4 Diet Hits yang Janjikan Bentuk Tubuh Ideal, Kamu Pilih Mana?

3. Melempar Bayi Ke Udara

Jenis bercanda yang satu ini juga tak kalah sering menjadi hal yang kamu lakukan untuk membuat si kecil tertawa.

Namun ternyata, candaan ini dapat menyebabkan sindrom baby shaken, lho guys. Sindrom ini membuat bayi trauma pada bagian kepala dan otak.

Dilansir dari laman Mayo Clinic, banyak kasus bayi yang mengalami syndrome ini dan akhirnya meninggal,atau bahkan jika selamat mereka bisa tumbuh cacat.

4. Mengagetkan

Bermain ciluk ba juga menjadi hal yang sering dilakukan pada si kecil. Hal tersebut biasa, namun perlu diingat, jangan terlalu mengagetkan secara berlebihan ya, apalagi sampai menangis.

Kaget dapat memgaktifkan mode fight or fight pada seseorang, melawan atau melarikan diri adalah respon yang akan diberikan seseorang saat sedang kaget.

Hal tersebut membuat terjadinya peningkatan detak jantung dan aliran darah. Namun, bayi yang belum terlatih untuk menerima respon tersebut akan berdampak bahaya.

Nah, itu dia 4 jenis bercada yang seharusnya tidak kamu lakukan pada si kecil, kalau memang sudah sering dilakukan sebaiknya berhenti atau menyesal belakangan.

Penulis: Rheyna Leony
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral
#beritaterkini

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life