Home » Pemerintah Diminta Sosialisasikan Sorgum Sebagai Alternatif Pangan

Pemerintah Diminta Sosialisasikan Sorgum Sebagai Alternatif Pangan

by Junita Ariani
1 minutes read
Sorgum memiliki potensi besar sebagai alternatif pangan yang dapat menggantikan gandum.

ESENSI.TV - MAKASSAR

Anggota Komisi IV DPR RI Azikin Solthan menilai potensi sorgum sebagai alternatif pangan yang dapat menggantikan gandum.

Karena itu, perlu ada sosialisasi terkait alternatif pangan ini agar dapat didistribusikan terutama pada daerah-daerah yang memang kondisinya cocok untuk ditanami sorgum.

“Alternatif pangan nanti adalah sorgum. Kami juga meminta pemerintah agar ini segera disebarluaskan pada daerah-daerah yang kondisinya cocok untuk ditanami millet atau sorgum. Jangan sampai ada daerah yang memang kita kembangkan tapi kondisi tanahnya akhirnya tidak cocok,” jelas Azikin dalam keterangannya, dikutip Sabtu (16/12/2023).

Diketahui Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja reses ke Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (13/12/2023).

Dikatakannya, rasa millet itu juga tidak jauh berbeda dengan gandum dan beras. Sehingga, dinilai bisa untuk sebagai alternatif panganan beras.

Baca Juga  Urutan Ke-4 Nasional Pencegahan Korupsi, Sumut Tidak Lagi 'Semua Urusan Menggunakan Uang Tunai'

Ia menilai komoditas ini cukup memiliki potensi sebagai alternatif pangan terutama untuk membatasi impor gandum.

“Kalau kita mau memang gandum bisa dikurangi, jagung bisa dikurangi. Bahkan beras bisa dikurangi, yang penting semua instrumen yang ada dalam negeri bisa kita laksanakan. Fungsikan secara optimal dalam rangka menunjang sektor pertanian di tanah air,” urainnya.

Melihat potensi ini, legislator dapil Sulawesi Selatan I itu terus mendorong agar sorgum ini dapat disosialisasikan secara masif terutama kepada pemerintah daerah.

“Jadi perlu sosialisasi sebagaimana yang saya sebutkan tadi, kepada seluruh pemerintah daerah khususnya Kepala Dinas Pertanian. Sehingga dia paham bahwa solusi alternatif pangan kita sangat banyak, antara lain sorgum,” pungkasnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napituppulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life