Home » Presiden Jokowi Bahas Peningkatkan Kerja Sama Ekonomi dengan Republik Korea

Presiden Jokowi Bahas Peningkatkan Kerja Sama Ekonomi dengan Republik Korea

by Junita Ariani
2 minutes read

ESENSI.TV - JAKARTA

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi Republik Korea, Senin (15/5/2023), di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan itu, Indonesia dan Republik Korea bersepakat meningkatkan hubungan diplomatik yang akan memasuki masa 50 tahun.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadali, mengatakan hubungan kedua negara sangat baik.

“Apalagi memulai di akhir tahun 2015 sampai dengan ke sini yang ditandai dengan berbagai macam kebijakan perekonomian. Di antaranya menyangkut perdagangan maupun investasi,” ujar Bahlil yang turut mendampingi Presiden.

Kedua negara juga kata Bahlil, berpandangan bahwa neraca perdagangan harus terus ditingkatkan. Berkaitan dengan hal tersebut, Presiden Jokowi mendorong agar akses ekspor komoditas Indonesia ke Republik Korea dibuka luas, utamanya untuk komoditas pangan.

“Bapak Presiden Jokowi juga meminta agar akses ekspor komoditas-komoditas terutama komoditas pangan kita bisa dibuka. Seperti jeruk, dan beberapa komoditas unggulan lain,” kata Bahlil.

Dalam pertemuan juga dibahas tentang kerja sama terkait ekosistem mobil listrik.

Baca Juga  Potret Presiden Jokowi Jalan-jalan ke Mal di Kota Manado

Menurut Bahlil, Wakil Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi (MoTIE) Republik Korea, Jang Youngjin mengatakan, Indonesia akan menjadi negara pertama di Asia  Tenggara. Yang akan memproduksi ekosistem mobil listrik yang baterainya langsung dari Indonesia.

“Jadi tahun depan kita sudah mempunyai produk baterai mobil yang kemarin satu tahun lalu-dua tahun lalu di-groundbreaking Bapak Presiden di Karawang,” jelas Bahlil.

Delegasi Republik Korea yang hadir dalam pertemuan, antara lain, Menteri Pertanian, Pangan, dan Desa Chung Hwang-keun. Wakil Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Jang Youngjin.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Lee Sang-deok berseta sejumlah pemimpin perusahaan Republik Korea.

Sementara Presiden Jokowi turut didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). Dan, Duta Besar RI untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life