Home » Presiden Jokowi Perintahkan Kepala Otorita IKN Buat Sistem Terpadu

Presiden Jokowi Perintahkan Kepala Otorita IKN Buat Sistem Terpadu

by Junita Ariani
1 minutes read

ESENSI.TV - JAKARTA

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk membentuk sistem terpadu guna menangani investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden Jokowi juta meminta Otorita IKN membuat satu one stop shop yang akan diikuti lembaga/kementerian terkait.

“Jadi tadi diputuskan, untuk masalah-masalah yang berhubungan dengan investasi ini, kami diminta untuk membuat satu one stop shop. Dan, itu nanti akan diikuti lembaga/kementerian terkait. Itu juga nanti akan berada di dalam one stop shop itu. Jadi satu pintu saja,” ujar Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono.

Hal tersebut disampaikan Bambang usai mengikuti rapat yang dipimpin Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/5/2023).

Bambang menegaskan, baik Otorita Ibu Kota Nusantar maupun Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan menjadi bagian dari sistem tersebut. Begitu juga dengan kementerian/lembaga terkait lainnya.

Baca Juga  Krakatau International Port Tawarkan Solusi Pengembangan Sektor Logistik di Wilayah IKN

“Kementerian Keuangan di situ akan ada. Misalnya perwakilan dari Direktorat Jenderal Pajak. Karena ada beberapa insentif tentang perpajakan yang memang harus dielaborasi,” ujar Bambang.

Implementasinya ini lanjut Bambang, akan ditunggu para pelaku usaha.

“Tentu banyak data teknis juga yang akan kami mintakan ke Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat),” ujarnya.

Selain itu, kata Bambang, pemerintah juga akan membentuk satuan tugas khusus untuk menyelesaikan masalah pertanahan di Ibu Kota Nusantara.

“Kita ingin agar segala sesuatunya clean and clear, istilahnya begitu. Jadi yang akan ditawarkan kepada investor ini adalah tanah-tanah yang sudah matang dan kita ketahui harganya. Sehingga mereka bisa langsung menghitung berdasarkan kondisi topografi, kondisi geologi, akses, dan sebagainya,” ucapnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life