Home » Tahukah Kamu Bahwa Negara Juga Pakai Medsos Untuk Kegiatan Diplomasi Geopolitik?

Tahukah Kamu Bahwa Negara Juga Pakai Medsos Untuk Kegiatan Diplomasi Geopolitik?

by Erna Sari Ulina Girsang
1 minutes read
Suasana forum Tematik Bakohumas Kemenlu bertema “Diplomasi Digital untuk Penguatan Nation Branding Indonesia," secara hybrid di Bandung, Selasa (27/2/2024). Foto: Kemnlu

ESENSI.TV - JAKARTA

Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) berkomitmen untuk memaksimalkan diplomasi digital  dalam mengatasi dampak geopolitik terhadap Indonesia.

Diplomasi digital mengacu pada penggunaan media sosial, teknologi komunikasi dan informasi. Juga situs web, yang dilakukan aktor negara dengan tujuan aktivitas diplomasi, kebijakan luar negeri ataupun permasalahan dalam kebijakan luar negeri.

Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik, Kemlu, Siti Nugraha Mauludiah mengatakan pihaknya meyakini  kolaborasi lintas Kementerian dan Lembaga dalam membangun sinergi. Juga membangun pemahaman terhadap diplomasi digital tidak kalah penting dari capaian diplomasi digita.

Hal ini merupakan fokus Forum Tematik Bakohumas Kemenlu bertema “Diplomasi Digital untuk Penguatan Nation Branding Indonesia,” secara hybrid di Bandung, Selasa (27/2/2024).

Inovasi Kebijakan

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kominfo, Usman Kansong, menyampaikan bahwa diplomasi digital hanya dapat diwujudkan melalui inovasi kebijakan. Dan juga melalui adaptasi kelembagaan.

Hadir sebagai narasumber adalah Direktur Informasi dan Media, Kemlu; Dosen Program Studi HI, Universitas Parahyangan; dan Southeast Asia Representative, Diplo Foundation.

Baca Juga  Pemerintah Kembali Evakuasi 75 WNI Dari Sudan

Forum menyepakati bahwa penyusunan strategi nasional diplomasi digital yang efektif untuk tujuan nation branding Indonesia perlu dilakukan.

Hal ini dilakukan melalui penentuan visi dan misi yang jelas dan terukur, menjunjung prinsip transparansi dan akuntabilitas. Diperlukan pendekatan multistakeholder, multilevel governance, dan multidisciplinary.

Seluruh pemangku kepentingan, baik K/L maupun non pemerintah, perlu aktif berkontribusi membantu upaya diplomasi digital.

Pembentukan citra positif Indonesia juga perlu terus digencarkan dan diadaptasi menggunakan digital tools yang terus berkembang, seperti platform media sosial dan kecerdasan buatan.

Penentuan prioritas yang akan didorong dalam pembentukan nation branding juga krusial sebagai fokus sekaligus memberikan arah jelas terhadap strategi nasional diplomasi digital.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life