Home » Ternyata Makan Nasi Yang di Bekuin Lebih Sehat, Mitos Atau Fakta?

Ternyata Makan Nasi Yang di Bekuin Lebih Sehat, Mitos Atau Fakta?

by Raja H. Napitupulu
2 minutes read
Ilustrasi Nasi. Foto: Image by jcomp on Freepik

ESENSI.TV - JAMBI

Belakangan ini makan nasi yang dibekukan dan menyimpannya ke dalam freezer viral di sosial media dengan membungkusnya kedalam kertas atau plastik terlebih dulu.

Namun bukan untuk dimakan dalam keadaan dingin, nasi tersebut akan dihangatkan kembali jika ingin di santap.

Orang-orang menganggap cara ini dapat mengurangi kadar gula dalam nasi tersebut hingga dapat menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

Fakta Makan Nasi Yang di Bekukan

Toto Sudrago, Ahli Gizi UGM, mengatakan bahwa metode membekukan nasi adalah cara untuk mengawetkan nasi. Ia mengungkapkan cara ini tidak salah sama sekali, tergantung selera masing-masing individu saja.

Tak hanya itu, Toto juga menegaskan bahwa metode membekukan dan makan nasi yang di bekukan aman menurut pandangan kesehatan.

Tahukah kamu, walaupun demikian, dikutip dari laman express, kamu disarankan hanya boleh menyimpan nasi dalam freezer dan paling lama dalam kurun waktu satu bulan. Hal tersebut karena nasi yang terlalu lama dapat mengurangi kelembaban dan rasa pada nasi.

Manfaat Untuk Penderita Diabetes

Dikutip dari Bussiness Insider, penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi nasi beku yang dipanaskan dapat membatu kenaikan gula darah pada pasien diabetes.

Baca Juga  Cara Menghadapi Friendzone dengan Kekuatan Hati

Tak hanya itu, dalam sebuah studi yang di terbitkan oleh Nutrition and Diabetes pada April, 2022. Pasien dengan makan nasi yang dibekukan di dalam lemari es terlebih dahulu selama 24 jam menunjukan hasil bahwa memiliki gula darah yang stabil.

Menurut beberapa penelitian lain, metode ini membuat zat pati resisten akan lebih cepat di cerna oleh tubuh sehingga dapat membantu menyeimbankan penyerapan karbohideat lain untuk menyeimbangkan gula darah, sama seperti fungsi serat.

Nah, kalau kamu sendiri lebih suka makan nasi baru matang atau yang sudah melewati proses pembekukan seperti yang sudah dijabarkan?

Semuanya memang terganntung selera, kesehatan dam rasa adalah pilihan kita masing-masing. Asalkan masih dalam porsi dan kondisi yang tidak berlebihan makan semuanya juga akan baik-baik saja.

Penulis: Rheyna Leony
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral
#beritaterkini

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life