Home » Trade Expo Indonesia ke-38 Resmi Dibuka

Trade Expo Indonesia ke-38 Resmi Dibuka

by Junita Ariani
2 minutes read
Presiden Jokowi membuka Trade Expo Indonesia ke-38 secara virtual yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang, Banten, Rabu (18/10/2023).

Presiden RI Joko Widodo membuka Trade Expo Indonesia atau TEI ke-38 secara virtual, Rabu (18/10/2023). TEI digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang, Banten.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia harus bisa menguasai pasar dan memperluas ekspor ke negara nontradisional. Seperti kawasan Timur Tengah, Asia Selatan, dan Afrika.

Presiden juga meminta pelaku usaha Indonesia untuk terus meningkatkan daya saing.

“Indonesia harus menjadi pelaku dan produsen yang berdaya saing dan menguasai pasar. Tidak boleh hanya jadi pasar,” ujarnya.

Menurutnya, TEI memungkinkan eksportir Indonesia bertatap muka dengan buyer potensial untuk melihat produk dan berinteraksi secara langsung.

Sehingga, lebih membuka peluang transaksi. Apalagi, tahun ini juga difokuskan untuk membuka peluang dari pasar nontradisional.

Presiden meyakini, ekspor ke negara tujuan nontradisional adalah strategi untuk membantu dalam memperluas diversifikasi pasar.

Selain itu, memungkinkan pelaku usaha Indonesia, usaha kecil dan menengah (UKM) serta pelaku industri untuk maju lebih jauh. Menjadi bagian integral dari rantai pasok global.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan, pemerintah telah menyatukan visi dan misi untuk menjaga ketahanan perekonomian nasional.

Salah satunya melalui pembentukan Satuan Tugas Peningkatan Ekspor yang telah resmi disahkan dalam Peraturan Presiden 24 Tahun 2023.

“Usai pandemi Covid-19, ekonomi harus bisa lebih baik. Perdagangan harus lebih lancar dan capaian TEI tahun ini harus melebihi tahun lalu,” ujar Menko Airlngga.

Baca Juga  Tahu Danau Sentani? Permata di Pegunungan Papua

Pameran Dagang Terbesar

Dikatakan Airlangga, Trade Expo Indonesia (TEI) merupakan pameran dagang terbesar di Indonesia yang digelar setiap tahun oleh Kementerian Perdagangan.

TEI 2023 ini mengusung tema ‘Sustainable Trade for Global Economic Resilience’ dilaksanakan secara hibrida. TEI ke-38 diharapkan dapat menjadi platform penghubung bagi pelaku usaha.

Khususnya eksportir nasional, dan buyer internasional untuk menjalin kerja sama bisnis sebagai upaya pengungkit ekspor nonmigas nasional.

“Tahun lalu, Indonesia memegang Presidensi G20 dan tahun ini, melaksanakan keketuaan ASEAN. Dua momentum tersebut adalah saatnya memanfaatkan kepercayaan internasional. Sehingga kredibilitas Indonesia semakin diakui dan dihormati dalam pergaulan internasional,” ungkap Airlangga.

Kepercayaan internasional serta ketepatan kebijakan ekonomi, lanjut Airlangga, salah satunya melalui perjanjian dagang dan ekonomi.

Yakni dalam bentuk Preferential Trade Agreement(PTA), Free Trade Agreeement (FTA), maupun Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

“Seluruhnya diharapkan dapat membuka peluang peningkatan ekspor nonmigas yang lebih besar,” tutup Airlangga. *

Kementerian Perdagangan menggelar TEI ke-38 secara hibrida yakni secara langsung di luar jaringan pada 18-22 Oktober 2023.

Kemudian secara daring dengan konsep situs web interaktif berbasis katalog elektronik hingga 18 Desember 2023.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life