Home » Berbasis Kompetensi, SMK-SMAK Padang Kemenperin Raih Akreditasi Tertinggi Nasional

Berbasis Kompetensi, SMK-SMAK Padang Kemenperin Raih Akreditasi Tertinggi Nasional

by Junita Ariani
1 minutes read

ESENSI.TV - JAKARTA

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) fokus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) industri melalui pengembangan pendidikan vokasi.

Salah satu langkah yang ditempuh adalah membuka program-program pendidikan vokasi, baik di level sekolah menengah maupun perguruan tinggi.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Masrokhan, Jumat (12/5/2023), di Jakarta.

“Pendidikan vokasi ini dilakukan sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia kerja berbasis kompetensi keahlian,” jelas Masrokhan.

Dikatakannya, Kemenperin saat ini menaungi 9 SMK, 11 Politeknik, dan dua Akademi Komunitas di berbagai daerah di Indonesia.

“Unit-unit pendidikan tersebut telah menerapkan konsep dual sistem dan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. Sehingga lulusan siap kerja setelah lulus,” ujarnya.

Masrokhan mengatakan, sekolah dan kampus Kementerian Perindustrian tersebut juga telah menorehkan berbagai prestasi, di antaranya SMK-SMAK Padang.

Sekolah ini telah membuktikan kualitasnya dengan berhasil mendapatkan penilaian akreditasi tertinggi SMK se-nasional pada tahun 2023.

Baca Juga  Kemenperin Tunjuk LEMIGAS jadi Lembaga Sertifikasi SNI Pelumas

SMK-SMAK Padang meraih penilaian akreditasi “A” dengan pencapaian nilai 98 oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M).

Pencapaian ini meningkat dari penilaian lima tahun sebelumnya, yaitu dengan nilai 95.

Saat ini, Kemenperin tengah membuka pendaftaran murid dan mahasiswa baru untuk seluruh unit pendidikan Kemenperin secara serentak melalui JARVIS.

Jalur Penerimaan Vokasi Industri (JARVIS) terdiri dari tiga jalur pendaftaran, yaitu JARVIS Mandiri yang diadakan oleh unit pendidikan masing-masing.

JARVIS Prestasi untuk seleksi bagi siswa berprestasi, dan Jarvis Bersama yang diselenggarakan secara serentak bagi seluruh unit pendidikan Kemenperin.

Untuk tahun 2023, JARVIS diselenggarakan secara daring melalui situs jarvis.kemenperin.go.id. Pendaftaran dimulai dari 10 April sampai dengan 19 Mei 2023. Para calon murid dapat mendaftar secara online dan tanpa dipungut biaya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life