Home » Bupati Tapsel: Air Sisa Proses Tambang Emas Martabe Aman

Bupati Tapsel: Air Sisa Proses Tambang Emas Martabe Aman

by Administrator Esensi
2 minutes read
PT Agincourt Resources

ESENSI.TV - BATANGTORU

Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu menegaskan bahwa air sisa proses Tambang Emas Martabe ke Sungai Batangtoru, aman.

“Air sisa proses Tambang Emas Martabe ke Sungai Batangtoru tidak berdampak ke masyarakat,” kata dia di Batangtoru, Selasa (30/05/2023).

Ia mengatakan, PT Agincourt Resources (PTAR) menunjukkan transparansi dalam mengelola air sisa proses tambang.
“Kami berharap masyarakat bisa memberi saran dan masukan atas temuan atau apa yang dirasakan, sehingga semakin terbuka hubungan antara PTAR dengan masyarakat. Saya juga berharap ke depan tugas Tim Terpadu semakin solid,” ujarnya.

Data Tim Terpadu Pemantau Kualitas Air Sisa Proses Tambang Emas Martabe Divisi Evaluasi mencatat, seluruh parameter yang diuji, air sisa proses yang mengalir ke Sungai Batangtoru telah memenuhi baku mutu yang dipersyaratkan sesuai dengan peraturan pemerintah.

Parameter yang Dianalisis

Pemenuhan kualitas air sisa proses Tambang Emas Martabe sesuai baku mutu berdasarkan pada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 202 Tahun 2004 tentang Baku Mutu Air Limbah Bagi Usaha dan atau Kegiatan Pertambangan Bijih Emas dan atau Tembaga; serta Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021, Lampiran VI, Baku Mutu Nasional Kelas II.

Baca Juga  Viral Anak Bermain Roleplay di TikTok, Apa itu Roleplay dan Bahayanya?

Terdapat 12 parameter yang dianalisis, di antaranya tingkat keasaman air (pH), Total Suspended Solids (TSS), sianida (CN), arsenik (As), kadmium (Cd), kromium (Cr), tembaga (Cu), merkuri (Hg), nikel (Ni), dan seng (Zn).
Pengujian terhadap air sisa proses yang mengalir ke Sungai Batangtoru telah dilakukan PTAR sejak 2012. Selama itu, pemenuhan baku mutu terus dijaga. Salah satunya terlihat dari parameter pH yang sepanjang 2013 berada di kisaran 7,29 – 8,78, sedangkan pada 2022 berada di rentang 7,05 – 7,84.

General Manager Operations PTAR, Rahmat Lubis, mengatakan pengolahan air merupakan salah satu upaya pihaknya dalam menjalankan kegiatan tambang yang berkelanjutan.

“Pengelolaan, pengujian, dan pengawasan air sisa proses tambang adalah proses yang sangat bagus dan rutin kami lakukan. Kami ingin terus menjaga proses ini karena bagaimana pun kami yakin kami beroperasi dengan penuh tanggung jawab,” jelas dia.

Penulis: Steven Kurnia, Addinda Zen

Editor: Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life