Home » Dorong Pengembangan Industri Halal Lewat Semarang Halal Food Festival

Dorong Pengembangan Industri Halal Lewat Semarang Halal Food Festival

by Junita Ariani
1 minutes read
Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag M Ali Ramdhani  membuka Semarang Halal Food Festival di UIN Walisongo, Semarang, Kamis (1/2/2024).

ESENSI.TV - SEMARANG

Kementerian Agama (Kemenag) mendukung penyelenggaraan Semarang Halal Food Festival. Kegiatan ini sebagai rangkaian dari Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2024.

“Halal food ini adalah bagian (dari AICIS 2024),” kata Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag M Ali Ramdhani  usai pembukaan Expo di UIN Walisongo, Semarang, Kamis (1/2/2024).

Semarang Halal Food Festival digelar selama 4 hari, mulai 1-4 Februari 2024 di halaman Auditorium UIN Walisongo, Semarang.

Festival ini terbuka untuk umum dan menyediakan belasan stand produk-produk halal lokal meliputi makanan, minuman, pakaian, dan lain-lain.

Produk makanan yang tampil di ajang ini didampingi oleh tim Walisongo Halal Center (WCH) UIN Walisongo yang memberikan fasilitas. Mulai dari pelatihan pendamping proses produk halal hingga pelayanan proses sertifikasi halal.

Kegiatan tersebut diikuti para pengusaha kuliner lokal ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya konsumsi halal dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga  Salah Fokus Bikin Activitas Menurun, Perhatikan 4 Hal Ini!

Ia menjelaskan, festival ini merupakan bagian dari upaya memenuhi kebutuhan akan makanan halal bagi umat Muslim di Indonesia.

Acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pelaku usaha akan pentingnya sertifikasi sebagai bentuk jaminan produk halal.

Apalagi, sertifikasi halal bersifat wajib berdasarkan UU No 33 tahun 2014. Pelaku usaha makanan, minuman, serta jasa yang terkait makanan dan minuman, harus bersertifikat halal sebelum 18 Oktober 2024.

“Proses sertifikasi halal produk makanan dan minuman ini yang sedang terus digenjot Kemenag. Dan, festival ini menjadi bagian dari ikhtiar mewujudkannya,” kata Ramdhani.

Dikatakannya, pertumbuhan jumlah penduduk di seluruh dunia sangat besar. Industri halal menjadi semakin penting, bukan hanya di Indonesia tetapi juga secara global.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life