Home » Fredy Pratama dan Keluarga Diduga Kartel Narkoba di Thailand

Fredy Pratama dan Keluarga Diduga Kartel Narkoba di Thailand

by Ale Luna
1 minutes read
Fredy Pratama dan Keluarga Diduga Kartel Narkoba di Thailand - Foto: Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Mukti Juharsa/Humas Polri

Mabes Polri mengungkap bahwa bos narkoba jaringan internasional, Fredy Pratama masih berada di Thailand. Hal itu diungkapkan Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Mukti Juharsa.

“Masih di sana, Thailand,” ujar Brigjen Mukti Juharsa dalam keterangannya, dilansir laman www.humas.polri.go.id, Rabu (25/10).

Lebih lanjut Mukti mengatakan, Fredy Pratama sulit dibawa ke Indonesia karena mertuanya merupakan kartel narkoba.

“Kan saya bilang bapaknya kartel, mertuanya kartel. Susah kalau kartel,” ujar dia.

Mukti menyebut, kepolisian setempat juga kesulitan menangkap Fredy lantaran faktor kartel tersebut.

“Dia berani enggak pertanyaannya itu sekarang. Kartel bapaknya, kan lebih kejam daripada kita,” katanya.

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah mengungkap kasus kejahatan lintas negara terkait narkotika dan pencucian uang yang melibatkan jaringan kriminal berkelas kakap, termasuk Fredy Pratama.

Fredy Pratama yang dikenal dengan nama samaran The Secret, Cassanova, Mojopahit, dan Air Bag, mengendalikan operasi narkoba di Indonesia dari Thailand.

Baca Juga  Menpora Dukung Olahraga Stand Up Paddle Ikuti Kompetisi di Thailand

Kabareskrim Polri, Komjen Wahyu Widada sebelumnya juga mengungkapkan, sindikat narkoba ini memiliki struktur yang terorganisisasi dengan peran masing-masing, termasuk bidang operasional, keuangan, pembuatan dokumen, dan pengumpulan uang. Mereka menggunakan aplikasi komunikasi khusus dan banyak rekening bank yang berbeda.

Sebelumnya, Polri melakukan pemeriksaan terhadap Zulkifli alias Zul Zivilia terkait gembong narkoba yang kini jadi buronan Polri, Fredy Pratama.

‘Iya, akan kami periksa dalam waktu dekat. Nanti lah, kita koordinasi dengan lapas ya,” ujar Mukti.

Zul ditangkap bersama bandar narkoba bernama Rian pada 2019 lalu. Saat ini ia tengah menjalani hukuman 18 tahun penjara di Rutan Salemba, Jakarta.

Dari pengakuan Zul dan Rian terungkap bahwa mereka merupakan kaki tangan bandar narkoba besar dengan julukan Casanova. Belakangan diketahui bahwa Casanova merupakan nama samaran Fredy Pratama.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life