Home » Hari Museum Indonesia, DPR Hadirkan 29 Museum ke Senayan

Hari Museum Indonesia, DPR Hadirkan 29 Museum ke Senayan

by Junita Ariani
2 minutes read
Anggota DPR RI, Putu Supadma Rudana sebagai Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia saat meninjau pameran di Gedung Nusantara pada Kamis (12/10/2023).

DPR RI menjadi tuan rumah peringatan Hari Museum Indonesia atau Harmusindo 2023 dengan tema ’Kolaborasi dan Sinergi’.

Selain itu juga diselenggarakan Pameran Bersama 29 Museum, Galeri, Perpustakaan dan Kearsipan di Lobby Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta pada 12-13 Oktober 2023.

“Hari ini tercermin bagaimana kolaborasi dan sinergi itu terwujud. DPR, satu lembaga yang selama ini wilayahnya sangat ketat dijaga tapi hari ini terbuka untuk masyarakat. Orang bisa mengakses bisa hadir ke sini,” ujar Anggota DPR RI, Putu Supadma Rudana.

Hal itu dikatakan Putu yang juga Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia saat ditemui usai meninjau pameran di Gedung Nusantara, Kamis (12/10/2023).

DPR membuka pintu bagi masyarakat umum yang akan menghadiri pameran maupun berbagai acara terkait perhelatan Harmusindo 2023.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Deputi Persidangan, Sekretariat Jenderal DPR RI dalam sambutannya pada pembukaan pameran bersama.

“Sesuai dengan arti dari tangga utama Gedung Nusantara yaitu menyambut tamu dengan segala keramahan. Kami dari Sekretariat Jenderal DPR RI menyambut delegasi dan insan permuseuman dari segala penjuru tanah air. Yang berpartisipasi dan menghadiri kegiatan Harmusindo 2023 di Gedung DPR RI,” ujar Suprihartini.

Suprihartini juga menjelaskan, peringatan Harmusindo 2023 tak sebatas pameran. Masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi dalam Seminar Nasional terkait urgensi penyusunan RUU Kemuseuman pada 12 Oktober 2023.

Kemudian Lokakarya bertajuk ‘Pengelolaan Arsip Keluarga’ pada 13 Oktober 2023.

Seminar nasional ini kata dia, diselenggarakan dengan tujuan menyerap aspirasi dari Insan permuseuman dan publik. Khususnya dalam rangka penyusunan dan pembahasan rancangan undang-undang permuseuman yang sekarang sudah masuk dalam prolegnas prioritas tahun 2023.

Baca Juga  4 Tips Menjaga Pola Makan Sehat

Sekaligus juga akan mensosialisasikan RUU tentang permuseuman yang diharapkan kedepannya akan menjadi hulu dalam pengelolaan permuseuman di Indonesia.

29 Museum yang Berpartisipasi

Adapun 29 museum, galeri, perpustakaan dan kearsipan yang berpartisipasi dalam pameran bersama Harmusindo 2023 ini yakni, Museum DPR RI, Perpustakaan DPR RI.

Arsip DPR RI, Arsip Nasional RI, Museum Listrik & Energi Baru, Museum Hakka, Galeri Kebijakan Kesehatan, Museum Prangko Indonesia.

AMI DKI Jakarta & Dinas Kebudayaan, Museum Bank Indonesia, Museum Sandi, UP Museum Kesejarahan DKI Jakarta, Museum Duver & COVID-19.

Museum Prabu Siliwangi, Museum Gatot Subroto, Museum Persiapan Kwarnas Gerakan Pramuka, Museum Bandar Cimanuk, Museum Benteng Heritage.

Selanjutnya, UP Museum Kebaharian DKI Jakarta, Barahmus DIY, AMIDA Sulawesi, Pusat Jasa Kearsipan ANRI, Museum Dr. A.K. Gani.

Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal, Art:1 New Museum, Museum Tragedi 12 Mei 1998, D’Topeng Kingdom Museum Grup, Museum Tekstil, dan Museum Tanah & Pertanian.

Pameran bersama dapat dikunjungi oleh masyarakat umum secara gratis namun diharuskan melakukan pendaftaran secara daring di tautan s.id/harmusindo2023.

Pameran ini berlangsung pada 12-13 Oktober 2023 di Lobi Gedung Nusantara Lantai 1 DPR RI mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life