Home » Ingin Rumput Pekarangan Rumah Tetap Indah? Begini Caranya

Ingin Rumput Pekarangan Rumah Tetap Indah? Begini Caranya

by Junita Ariani
1 minutes read
Beberapa cara merawat rumput pekarangan agar tetap terlihat indah

Keberadaan rumput pekarangan merupakan elemen yang penting dalam penampilan rumah. Tanaman pekarangan yang terlihat hijau dan segar mampu menambah keindahan rumah.

Sehingga membuat pemilik dan anggota keluarga betah tinggal di rumah.

Meskipun tidak mudah, dibutuhkan ketekunan dalam merawat rumput pekarangan agar tetap hijau dan segar. Berikut beberapa cara merawat tanaman semak ini agar tetap terlihat indah, Jumat (6/10/2023).

1. Rutin Memotong

Rutin memotong adalah langkah awal untuk menjaga penampilan tanaman hias ini. Anda sebaiknya memakai mesin pemotong yang tajam dan atur ketinggian potongan yang sesuai.

Potong secara teratur, terutama pada musim panas, ketika pertumbuhannya lebih cepat. Potonglah hanya sepertiga panjangnya pada setiap pemotongan agar tidak merusak akar.

2. Memberikan Air yang Cukup

Air merupakan kunci untuk membuat rumput tumbuh sehat. Berikan air yang cukup terutama pada musim kemarau. Idealnya, siram pada pagi atau sore hari agar air memiliki waktu untuk meresap sebelum matahari terlalu kuat.

Hindari penyiraman berlebihan, karena ini dapat menyebabkan akar menjadi lemah.

3. Beri Pupuk Secara Teratur

Cara selanjutnya, adalah memberikan pupuk. Pupuk adalah nutrisi penting bagi rumput pekarangan. Gunakan pupuk yang sesuai untuk jenis rumput hias yang Anda miliki.

Baca Juga  10 Rahasia Diet Seimbang untuk Hidup Sehat yang Bikin Badan Semakin Fit

Beri pupuk secara teratur sesuai dengan petunjuk pada kemasan, biasanya setiap 6-8 minggu sekali. Pupuk akan membantu rumput tumbuh subur dan hijau.

4. Hama dan Penyakit

Berikan perhatian terhadap tanaman yang menghiasi pekarangan rumah anda untuk mencegah dari serangan hama dan penyakit. Lihatlah apakah ada tanda-tanda rumput menguning, bercak coklat, atau pertumbuhan jamur.

Jika terlihat gejala seperti itu, segera ambil langkah dengan menggunakan pestisida atau fungisida yang sesuai.

5. Aerasi Tanah secara Teratur

Aerasi tanah adalah proses menghasilkan lubang-lubang kecil di permukaan tanah untuk meningkatkan sirkulasi udara dan nutrisi ke akar.

Anda dapat melakukannya dengan menggunakan alat aerasi tanah atau memanggil profesional taman. Proses ini membantu akar mendapatkan lebih banyak oksigen dan nutrisi, sehingga rumput akan tumbuh lebih baik.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life