Home » Ini Manfaat Ganda Gula Aren bagi Kesehatan Tubuh

Ini Manfaat Ganda Gula Aren bagi Kesehatan Tubuh

by Junita Ariani
1 minutes read
Manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh

Sejak beberapa waktu terakhir, gula aren atau disebut juga palm sugar banyak digunakan sebagai pemanis pada kopi. Itu karena gula aren berasal dari nira pohon aren dan terkenal sebagai alternatif yang lebih sehat dari pemanis lainnya.

Pembuatan palm sugar dilakukan tanpa menggunakan bahan tambahan kimia. Melalui proses pemurnian, vitamin dan mineral nabati dalam gula ini juga berada dalam tingkat tinggi yang bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Dalam 109 gram gula aren mengandung nutrisi yang terdiri dari Kalori 375 kkal, Potasium 20 persen kebutuhan harian. Karbohidrat 33 persen kebutuhan harian.

Tidak hanya itu, palm sugar juga memiliki kandungan mineral dan vitamin, yakni vitamin A, C, K, dan kalsium. Tak heran jika gula ini mengandung beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Inilah manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh, Rabu (4/10/2023).

1. Menjaga kadar gula darah

Kandungan glukosa pada palm sugar lebih sedikit dan juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah ketimbang gula meja atau madu.

Hal ini yang membuatnya berguna untuk menjaga kadar gula darah menjadi lebih stabil daripada jenis pemanis lainnya.

Baca Juga  Hore, 5 Shio Ini Bakal Beruntung di Tahun Kelinci Air 2023

2. Mendukung kesehatan pencernaan

Serat makanan inulin yang terdapat pada gula aren berguna untuk membantu mengendalikan bakteri di usus. Meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh.

3. Membantu mengembalikan energi tubuh

Pemanis alami ini mengandung senyawa karbohidrat yang bisa dicerna lebih oleh tubuh dibandingkan gula putih. Karena itu, mencampurkan beberapa sendok teh gula aren untuk mempermanis minuman, bisa memberimu dorongan energi di awal hari.

4. Menjaga fungsi sistem saraf

Palm sugar memiliki kadar kalium yang lebih tinggi daripada sayuran hijau dan pisang. Kalium merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga aktivitas sistem saraf yang baik, seperti kontraksi otot dan detak jantung yang teratur.

Mengonsumsi makanan berkalium juga bisa membantu mengelola tekanan darah tinggi.

5. Mengandung antioksidan yang tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa gula jenis ini mengandung kadar vitamin, mineral, dan nutrisi yang lebih tinggi daripada gula lainnya. Kandungan nutrisi tersebut termasuk fitonutrien.

Senyawa nabati ini memiliki efek antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan penyakit kronis.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life