Home » Kemeriahan Kirab Budaya Dalam HUT RI 78 Tahun, Bikin Takjub!

Kemeriahan Kirab Budaya Dalam HUT RI 78 Tahun, Bikin Takjub!

by Administrator Esensi
2 minutes read
Kirab Budaya Dalam HUT RI 78

ESENSI.TV - JAKARTA

Hari ini tepat pada tanggal 17 Agustus 2023 diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT RI Indonesia ke-78 tahun. Peringatan HUT RI 78 ini dilaksanakan di Istana Negara, Kamis (17/08/2023).

Beberapa hal menarik perhatian masyarakat Indonesia dari HUT RI tahun ini. Mulai dari prosesi kirab budaya yang berjalan dengan rute terpanjang dari tahun lalu, yakni Monumen Nasional (MONAS), dilanjutkan Patung Kuda, dan berakhir di Istana Negara.

Pembawa Bendera Pusaka Di Kirab Budaya

Masyarakat juga disaksikan oleh sosok Ayumi Putri Sasaki, siswi SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara yang menjadi sorotan setelah menjadi pembawa teks proklamasi saat kirab dari Monas ke Istana Merdeka, saat peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Kamis (17/8/2023).

Dalam  penyerahan ini ia tak sendiri, Ayumi bersama satu rekannya, yang juga Purna Paskibraka 2022, yakni Ghania Taufiqa Salma Wibowo, siswi SMA Negeri 8 Yogyakarta.

Awal Pengiringan Kirab budaya

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengambil duplikat bendera Sang Merah Putih dan teks proklamasi. Prosesi itu menjadi momen awal iring-iringan kirab budaya.

Duplikat Bendera Merah Putih itu kemudian diserahkan kepada Ayumi dan Gania. Setelah menerima duplikat Bendera Merah Putih dan teks proklamasi, Ayumi dan Gania menaiki kereta Kencana Ki Jaga Rasa dari Monas ke Istana Merdeka, Jakarta.

Baca Juga  Terdapat Fluktuasi yang Mencerminkan Kondisi Indonesia - Jepang

Pengiringan Bendera tersebut dikelilingi oleh para abang-none Jakarta yang bertugas menyambut datangnya bendera pusaka tersebut.

Rute Iring-Iringan Kirab Budaya

Kirab budaya ini digelar dari Monas ke Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2023). Kirab budaya dimulai pukul 08.11 WIB. Pembawa bendera pusaka tampak menaiki Kereta Kencana Ki Jaga Rasa. Kereta kencana itu tampak ditarik enam ekor kuda.

Rute iring-iringan kirab budaya tahun ini lebih panjang dibanding HUT RI 2022 lalu. Pasalnya, tahun ini kirab budaya melewati rute yakni Monas – Patung Kuda – Istana Negara.

Dalam iringan kirab budaya ini tujuh ekor kuda tampak mengawal kereta kencana dari depan. Lalu, delapan ekor kuda lain mengawal di belakang kereta kencana. Rute kirab bendera dimulai dari kawasan Monas menuju Istana Negara. Tampak di tengah kirab, diisi kereta kencana.

Editor : Firda Syafira / Addinda Zen

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life