Home » Kimchi Ternyata Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan

Kimchi Ternyata Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan

by Junita Ariani
1 minutes read
Kimchi merupakan makanan khas Korea yang difermentasi terlebih dahulu. foto: int

Kimchi merupakan makanan khas Korea yang difermentasi terlebih dahulu. Makanan yang satu ini terbuat dari kubis atau lobak yang dicampur dengan bawang putih, garam, cabai, jahe, serta bumbu lainnya.

Setelah diolah sedemikian rupa, makanan ini kemudian difermentasi. Kimchi ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut manfaat kimchi bagi kesehatan, Minggu (8/10/2023).

1. Memenuhi kebutuhan harian vitamin dan mineral

Bahan utama pembuatan kimchi adalah kubis. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi. Seperti vitamin B6, vitamin C, vitamin K, serat, dan folat.

Kubis juga mengandung beragam mineral, seperti kalsium, kalium, mangan, dan magnesium. Vitamin dan mineral juga terkandung dalam sayuran atau bahan lain yang digunakan sebagai bumbu kimchi.

Sebut saja bawang putih yang mengandung mangan. Kemudian cabai yang mengandung vitamin B6, dan daun bawang kaya akan vitamin K.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sayuran ini ternyata mengandung bakteri baik Lactobacillus. Bakteri ini berfungsi menjaga fungsi sistem pencernaan, berperan dalam proses penyerapan nutrisi dan obat-obatan.

Kemudian menjaga daya tahan tubuh, serta mencegah infeksi virus dan bakteri. Karbohidrat kompleks yang terdapat pada sayuran kimchi dapat menjadi makanan untuk bakteri baik.

Baca Juga  Mau Langsing Tanpa Olahraga? Ini Dia 4 Caranya

3. Mencegah sembelit

Manfaat lainnya adalah membantu mencegah sembelit. Kandungan serat tidak larut dalam sayuran membantu melancarkan buang air besar.

Selain itu, serat pada kimci juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di usus untuk menjaga kesehatan pencernaan.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh (sistem imun) juga merupakan manfaat kimchi. Manfaat ini didapat berkat kandungan bakteri baik atau probiotik di dalam sayuran fermentasi tersebut.

Dengan imunitas yang kuat, tubuh pun akan lebih mampu melawan virus dan kuman penyebab penyakit. Seperti bakteri H. pylori penyebab tukak lambung dan virus avian influenza penyebab flu burung.

5. Menjaga berat badan

Sayur yang digunakan tentunya rendah kalori. Dalam 1 cangkir kimchi (150 gram), hanya terdapat sekitar 23 kalori. Kimchi dapat dimanfaatkan sebagai salah satu menu makanan untuk menurunkan atau menjaga berat badan ideal.

Tak hanya itu, bahan-bahan pembuat kimchi, seperti cabai merah dan bawang putih, juga terbukti bermanfaat untuk tubuh. Keduanya dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran energi, sehingga membantu menurunkan berat badan.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life