Home » Operasi Pengamanan Pemilu Dimulai 17 Oktober 2023

Operasi Pengamanan Pemilu Dimulai 17 Oktober 2023

by Ale Luna
1 minutes read
Operasi Pengamanan Pemilu Dimulai 17 Oktober 2023/Humas Polri

Polri akan mulai melaksanakan Operasi Mantap Brata mulai tanggal 17 Oktober 2023. Adapun Operasi Mantap Brata ini merupakan operasi pengamanan selama pelaksanaan Pemilu 2024.

“Untuk pelaksanaan Operasi Mantap Brata rencana akan digelar pada tanggal 17 oktober 2023, itu operasi sesuai rencana operasi akan digelar selama 222 hari,” kata Kabag Anev Robinops Sops Polri Kombes Muhammad Firman dalam keterangannya, dilansir laman www.humas.polri.go.id, Rabu (11/10).

Firman mengatakan, nantinya Polri akan melakukan penyesuaian terkait pengerahan personel. Hal ini tentunya disesuaikan dengan karakteristik dan kerawanan di masing-masing daerah.

Dia menambahkan, tujuan operasi ini untuk menciptakan keamanan, kelancaran dan ketertiban pada setiap tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Sementara itu, Firman menyebut ada 12 wilayah hukum kepolisian daerah (polda) yang menjadi prioritas pertama atau dinilai sangat rawan selama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Penentuan wilayah prioritas ini dilakukan Polri berdasarkan tingkat kerawanan gangguan pada Pemilu 2024.

“Yang mana ada 12 polda merupakan prioritas pertama, prioritas 1 merupakan prioritas yaang sangat rawan,” kata Firman.

Baca Juga  Kapolri Sebut Masa Pengamanan Pemilu 222 Hari, Libatkan 261 Ribu Personel

Sebelumnya, Polri menegaskan komitmennya untuk tetap netral dalam kontestasi Pemilu 2024. Hal itu dilakukan untuk memberi pengamanan dan memastikan pemilu berjalan aman dan sukses.

“Bapak Kapolri juga sudah menegaskan untuk netralitas menjadi pegangan bagi seluruh anggota TNI dan Polri untuk tidak memihak kepada partai politik manapun,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho.

Diketahui, netralitas anggota Polri sudah diatur dalam undang-undang. Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, menyebut Polri harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis.

“Yang pasti aturannya sudah ada, sudah jelas. Itu menjadi komitmen bagi Polri untuk dilaksanakan dan ditegakkan. Karena Polri ingin pemilu ini berjalan dengan baik dengan bermartabat dan berjalan dengan jujur dan adil,” ujar Sandi.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life