Home » Soal Patung Garuda di IKN, Jokowi: Jangan Dicongkel!

Soal Patung Garuda di IKN, Jokowi: Jangan Dicongkel!

by Administrator Esensi
1 minutes read
Bilah Patung Burung Garuda di IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada beberapa hari lalu meresmikan mulai pembangunan sejumlah infrastruktur di IKN Nusantara, salah satunya patung raksasa burung Garuda.

Patung ini nantinya berada di kawasan Istana Negara yang ada di IKN. Ada hal menarik di patung garuda raksasa ini, yaitu terpasang emas 24 karat. Hal ini dikatakan Jokowi ketika memasangnya beberapa waktu lalu.

Tidak hanya emas 24 karat, di kawasan Ring 1 IKN juga akan ditanami dua Pohon Beringin raksasa. Bukan tanpa alasan Jokowi ingin menancapkan Pohon Beringin di sana.

“Nanti di bawahnya kita juga menanam Pohon Beringin yang gede sakali dua. Itu sebagai simbol keagungan,” ucapnya di IKN Nusantara.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menargetkan pemasangan bilah Garuda dengan jumlah total 4.650 bilah-bilah tersebut dapat diselesaikan pada bulan Maret 2024.

Baca Juga  Erwin Aksa: Membangun Indonesia Lewat Mix Ekonomi

“Mudah-mudahan nanti kita selesai di Maret, karena kita ada 465 modul di mana satu modulnya itu ada 10 sehingga kita mempunyai 4.650 bilah yang akan dipasang mulai hari ini,” jelasnya.

Setelah selesai, Garuda yang akan menjadi ikon bangunan tersebut akan memiliki bentangan sayap sepanjang 177 meter dengan tinggi 77 meter.

Diana menyebut bahwa sampai bulan September 2023, progres pembangunan kantor presiden sudah mencapai 38 persen. Saat ini, kantor presiden tersebut sudah memulai tahap pemasangan bilah Garuda.

“Progres kantor presiden yang ada di Ibu Kota Nusantara ini September ini sudah 38 persen, dan 38 persen ini kita sudah mulai memasang bilah-bilah,” ucapnya dalam kesempatan terpisah.

 

Editor : Firda / Radja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life