Home » Perhatikan! Hindari Kebiasaan Ini Kalo Gamau Cuci Darah

Perhatikan! Hindari Kebiasaan Ini Kalo Gamau Cuci Darah

by Raja H. Napitupulu
2 minutes read
Satu Pasien Suspek Gagal Ginjal Akut Dinyatakan Negatif

ESENSI.TV - JAMBI

Cuci darah atau hemodialis adalah kegiatan pembuangan racun dari dalam tubuh akibat rusaknya organ ginjal yang tidak berfungsi dengan optimal.

Gagal ginjal biasanya dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat. Maka dari itu sebagai langkah awal terjadinya penyakit ini, kamu harus tau apa saja hal yang dapat menjadi faktor risiko dari gagal ginjal.

Menurut laman mitra keluarga, ini dia 4 kebiasaan yang dapat memicu gagal ginjal dan membuat uangmu habis karena cuci darah.

1. Kurang Mengonsumsi Air Putih

Melansir National Kidney Foundation, air putih menjadi salah satu pilihan yang baik untuk kesehatan ginjal. Dengan tetap terhidrasi dan memenuhi kebutuh cairan perharinya, maka dapat membantu ginjalmu untuk mengeluarkan racun dari urine.

Namun sebaliknya jika kamu malas minum air putih, maka racun-racun akan tetap di tubuhmu dan akan mengalir melalui pembuluh darah.

2. Malas Melakukan Aktivitas Fisik

Olahraga dan aktivitas fisik dapat membantu kamu menjaga berat badan sehingga terhindar dari obesitas. Laman The Obesity Action Coalition mengungkapkan bahwa, obesitas meningkatkan risiko penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi yang menyebabkan ginjal harus bekerja lebih keras.

Baca Juga  Pelajar Juga Bisa Berperan Kurangi Polusi Udara, Yuk Gunakan Bus Sekolah Gratis

Maka dari itu, dengan rajin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik dapat menjaga kesehatan ginjal kamu.

3. Merokok

Merokok memang sudah sangat dikenal sebagai perilaku tidak sehat yang sebaiknya kamu hindari. Kandungan berbahaya dalam produk rokok dapat menimbun racun di dalam tubuh kamu, hal tersebut turut membuat ginjal kamu menjadi berat dan bekerja secara tidak optimal.

4. Pola Makan Tidak Sehat

Mengonsumsi gula dan garam memang disarankan jika tetap sesuai porsi. Maka dari itu kamu perlu mengurai asupan gula dan garam secara berlebihan.

Kamu dapat menggantinya dengan buah dan sayur untuk melengkapi kebutuhan gula dan mineral dalam tubuhmu.

Nah, itu dia 4 kebiasaan yang bisa buat kamu rutin cuci darah apabila tidak merubahnya sekarang juga. Sebagai Upaya pencegahan mulai lakukan perilaku hidup bersih dan sehat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Penulis: Rheyna Leony
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral
#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life