Home » Salah Fokus Bikin Activitas Menurun, Perhatikan 4 Hal Ini!

Salah Fokus Bikin Activitas Menurun, Perhatikan 4 Hal Ini!

by Administrator Esensi
2 minutes read
Salah Fokus Bikin Activitas Menurun

Kamu suka salah fokus? Padahal kalau activitas dituntut untuk bergerak cepat dan efisien. Bagaimana cara mengatur fokus kerja kita agar tetap stabil dan optimal?

Dalam beberapa tahun terakhir, kita semua mungkin pernah merasa kesulitan untuk mempertahankan fokus. Penelitian dari University of California bahkan menunjukkan bahwa kemampuan fokus anak-anak saat ini hanya berlangsung selama 19 detik, sebelum lenyap begitu saja. Orang dewasa juga tak jauh lebih baik, dengan batas fokus yang hanya mencapai 3 menit.

Kenapa hal ini terjadi? Bukankah kemampuan fokus adalah kualitas kognitif yang mendasar bagi manusia? Mari kita telusuri beberapa alasan mengapa fokus kita semakin berkurang dan mencari solusinya.

1. Pengaruh Ponsel Pintar (Smartphones)

Salah satu penyebab utama penurunan kemampuan fokus kita adalah penggunaan ponsel pintar. Terlepas dari kenyataan bahwa kita sering menyalahkan diri sendiri atau perangkat kita ketika sulit untuk fokus, Johann Hari, dalam bukunya yang berjudul “Stolen Focus,” menemukan bahwa penurunan kemampuan fokus bukanlah masalah pribadi, melainkan masalah sistemik.

Platform media sosial dan mesin pencari seperti Google secara sadar dirancang untuk membuat kita terus terpaku pada layar ponsel kita. Ada alasan bisnis sederhana di balik ini: semakin lama kita menghabiskan waktu di ponsel, semakin banyak iklan yang bisa ditampilkan, dan semakin banyak pendapatan yang dihasilkan.

Informasi di dunia maya berubah dengan sangat cepat. Pada 2013, sebuah topik yang menjadi perbincangan trending topic di media sosial bisa bertahan hingga 17,5 jam. Namun, hanya tiga tahun kemudian, yaitu pada tahun 2016, angka ini turun menjadi 11 jam. Bahkan selama masa pandemi, terjadi penurunan lebih lanjut, meskipun data pastinya tidak disebutkan oleh Hari.

2. Kurangnya Tidur

Kurang tidur adalah salah satu masalah serius yang berkontribusi pada penurunan kemampuan kita untuk fokus. Dalam 100 tahun terakhir, manusia mengalami penurunan waktu tidur sekitar 20%. Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa semakin sedikit waktu tidur yang kita dapatkan, semakin cepat kemampuan kita untuk fokus menurun.

Baca Juga  Kabar Baik! BTS 4G di Buwun Mas NTB Resmi Beroperasi

Kurang tidur bukan hanya masalah individu. Ini juga adalah masalah sistemik. Semua orang dikejar oleh tuntutan untuk bekerja lebih keras, dan jika Anda tidak menghabiskan malam begadang, Anda mungkin dianggap kurang produktif.

3. Polusi Udara dan Pola Makan

Johann Hari juga mencatat dampak polusi udara dan pola makan pada kemampuan fokus kita. Makanan yang mengandung banyak bahan pengawet dan proses produksi seperti makanan olahan dapat memengaruhi fungsi otak dan konsentrasi. Hari mendorong kita untuk memilih makanan yang lebih alami, seperti yang dijual oleh pedagang sayur, daripada makanan dalam kemasan.

Selain itu, polusi udara juga berperan dalam penurunan kemampuan fokus. Polusi udara dapat memengaruhi kesehatan otak dan kualitas tidur kita, yang pada gilirannya memengaruhi kemampuan kita untuk berkonsentrasi.

4. Beban Kerja yang Berlebihan

Bekerja secara berlebihan juga memiliki andil dalam penurunan kemampuan fokus kita. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki terlalu banyak pekerjaan tidak selalu berarti lebih produktif atau kreatif. Justru, bekerja terlalu keras dan terlalu banyak pekerjaan dapat menghambat kemampuan seseorang untuk fokus pada satu tugas hingga tuntas.

Kejadian serupa juga terjadi pada anak-anak yang diberikan terlalu banyak tugas sekolah. Hari menunjukkan bahwa di sekolah-sekolah yang memberi anak-anak kebebasan untuk mengejar minat mereka, anak-anak justru lebih mampu untuk fokus.

Yuk mulai sekarang, mari kita jaga kesehatan dengan mulai mengatur pola tidur yang sehat dan me-manage waktu untuk penggunaan ponsel dengan baik dan optimal.

 

Editor : Firda / Radja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life