Home » Selamat! Tim Robotik MAN 1 Semarang Raih Silver Award 1 di Korea

Selamat! Tim Robotik MAN 1 Semarang Raih Silver Award 1 di Korea

by Junita Ariani
2 minutes read
Tim Robotik MAN 1 Kota Semarang berhasil meraih Silver Award 1 dalam ajang kompetisi AI Robot Challenge 2023 (AI Mobility Challenge) Robot World 2023 di Korea.

Tim Robotik MAN 1 Kota Semarang berhasil meraih Silver Award 1 dalam ajang kompetisi AI Robot Challenge 2023 (AI Mobility Challenge) Robot World 2023 di Korea.

Even yang berlangsung dari 11-14 Oktober 2023 ini diselenggarakan oleh PT Racer Robotic. Tim Robotik MAN 1 Kota Semarang meraih prestasi dalam kategori AI Creative Design.

Tim Robotik MAN 1 Kota Semarang  terdiri dari Naufal Alif Mahendra, Fauzan Adzima, Citra Adinda Maharani, dan Ia Kirana Insani.

Untuk menjadi juara, mereka harus bersaing dengan tim robotik dari berbagai negara.

“Ada sejumlah tahapan yang harus dilewati. Mulai dari merancang desain robot, mengcoding, serta mengoperasikan robot untuk menyelesaikan visi sesuai dengan prosedur,” terang Naufal, di Kota Semarang, Sabtu (28/10/2023).

Menurut Naufal, robot karya Tim MAN 1 Kota Semarang berjudul AIG (Automatic Integrated Greenhouse). Robot ini dirancang seperti rumah kaca dengan berbagai fitur canggih.

Robot ini memudahkan petani dalam mengelola pertaniannya dengan lebih efisien dan berkelanjutan. Karena memiliki kemampuan mobilitas yang dapat bergerak secara otomatis.

Kemudian, dilengkapi dengan berbagai sensor untuk memantau kondisi pertumbuhan tanaman, termasuk kelembaban tanah, udara, dan cahaya.

“Robot ini dapat dioperasikan dan dipantau melalui antarmuka pengguna yang mudah digunakan yaitu melalui aplikasi seluler blynk. Sumber energi robot ini berasal dari energi terbarukan seperti panel surya sehingga dapat mengurangi dampak polusi lingkungan,” paparnya.

Dilengkapi Fitur Pendukung

Fauzan menambahkan, robot ini dilengkapi sejumlah fitur pendukung. Pertama, Automatic Shower yang berfungsi sebagai penyiram tanaman secara otomatis.

Baca Juga  Gobel Tegaskan Bansos dan BLT Bukan Solusi Berantas Kemiskinan, Ciptakan Lapangan Kerja

“Fitur ini dapat diaktifkan dengan dua cara. Pertama dengan mendeteksi media tanam yang digunakan dalam keadaan kering. Kedua secara manual melalui IOT dari Blynk APK,” jelaa Fauzan.

Kedua, Automatic Charge. Fitur ini berfungsi sebagai pengisian otomatis dari panel surya. Kemudian daya yang diterima dari panel surya disimpan di baterai yang digunakan untuk memberikan daya ke seluruh fitur di “AIG” (Automatic Integrated Greenhouse).

Ketiga, Realtime Monitoring. Fitur ini berfungsi untuk memonitor secara real time semua fitur yang terdapat pada AIG. Misalnya suhu, kelembaban tanah, dan kelembaban udara.

Keempat, Smart Lamp. FItur ini berfungsi memberikan penerangan secara otomatis. Fitur ini dapat diaktifkan dengan dua cara yaitu saat hari mulai gelap dan melalui IOT dari aplikasi blynk.

“Alhamdulillah, kami dapat menyelesaikan project pembuatran robot ini dengan kompleks dalam waktu singkat,” kata Citra Adinda Maharani.

“Kami sangat berterima kasih kepada kedua orang tua kami, pembimbing, para bapak ibu guru, serta teman-teman yang telah mensuport dan mendoakan kami,” sambung Ia Kirana Insan.

Lomba Robotik Internasional adalah sebuah ajang yang diikuti oleh berbagai tim dari bermacam-macam negara. Kemenangan tim siswa MAN 1 Kota Semarang ini menegaskan bahwa Indonesia memiliki bakat-bakat muda yang berpotensi besar dalam teknologi dan robotik. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life