Home » Terima Bus KPK, Pemprov Sumut Sampaikan Capaian Tata Kelola Pemerintahan

Terima Bus KPK, Pemprov Sumut Sampaikan Capaian Tata Kelola Pemerintahan

by Junita Ariani
1 minutes read
Inspektur Daerah Sumut Lasro Marbun menyambut kedatangan Roadshow Bus KPK di halaman Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis (19/10/2023).

Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) telah tiba di Sumatera Utara (Sumut), Kamis (19/10/2023). Rombongan roadshow Bus KPK RI disambut di depan Gedung Lama Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro Medan.

Roadshow Bus KPK RI diselenggarakan di areal Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), mulai 26-29 Oktober 2023. Adapun berbagai rangkaian kegiatannya antara lain edukasi antikorupsi bagi pelajar, sosialisasi antikorupsi dan gratifikasi.

Kemudian, pentas seni budaya, lomba papercraft, digital community gathering, penampilan paduan suara, senam kesehatan, hingga car free day.

Inspektur Daerah Provinsi Sumut, Lasro Marbun yang menyambut rombongan menyampaikan berbagai capaian Pemprov Sumut dalam hal tata kelola pemerintahan.

Antara lain prestasi Monitoring Center for Prevention berada di urutan pertama regional Sumatera dan urutan 10 nasional. Kemudian, meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK.

“Mudah-mudahan tahun 2024 dan seterusnya 9 kali itu bukan hanya angka. Tapi juga menjadi makna dan subtansi yang bisa dirasakan masyarakat Sumut,” kata Lasro.

Dalam bidang pengawasan dan pembinaan, sambung Lasro, Pemprov Sumut juga telah memperoleh predikat paripurna.

Baca Juga  Untuk ke-9 Kalinya, Pemprov Sumut Raih Opini WTP dari BPK RI

Pemprov Sumut kata dia, telah memperoleh Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level 3. Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) level 3, pencegahan korupsi level 3, dan penerapan manajemen risiko level 3.

“Kami berusaha naik jadi level 4, mudah-mudahan bisa, ini baru kita capai dalam perjuangan panjang secara Provinsi Sumut,” kata Lasro.

Lasro juga mengapresiasi kehadiran bus KPK RI. Ia berharap kehadiran roadshow bus KPK RI dapat meningkatkan upaya pencegahan korupsi di Sumut sejak dini.

“Terima kasih atas kehadiran di Sumut, kami apresiasi kami harap gaung antikorupsi di Sumut bisa bertambah tebal,” kata Lasro.

Perwakilan rombongan roadshow Bus KPK RI, Medio Venda Sukarta mengapresiasi dukungan Pemprov Sumut atas kegiatan tersebut. Roadshow tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang korupsi.

“Kita harapkan kolaborasi yang berjalan baik ini terus berjalan. Saya yakin Sumut bisa menjadi contoh baik mengenai pencegahan korupsi,” kata Medio.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life