Home » Wapres: Perempuan Pegang Peranan Penting Majukan Kawasan ASEAN

Wapres: Perempuan Pegang Peranan Penting Majukan Kawasan ASEAN

by Junita Ariani
1 minutes read
Wapres mengatakan, perempuan memegang peranan penting dalam memajukan kawasan ASEAN.

Perempuan memegang peran penting dalam memajukan dan menyejahterakan negara anggota ASEAN dan di kawasan ASEAN. Pasalnya, lebih dari separuh populasi ASEAN adalah perempuan.

Karena itu, melalui wadah organisasi forum, dapat berkontribusi dengan cara saling bertukar pengetahuan, pemikiran dan pengalaman.

Tidak hanya itu, juga bisa memperkuat persahabatan dan saling mendukung dalam menghadapi tantangan yang menghambat upaya tersebut.

“Kerja sama juga mesti diperkuat untuk memastikan kesetaraan akses yang dimiliki wanita terhadap pendidikan, kesempatan bekerja dan berusaha. Maupun fasilitas kesehatan,” tegas Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin.

Pernyataan itu disampaikan Wapres ketika memberikan sambutan secara virtual Pembukaan Asean Confederation Of Woman’s Organization (ACWO) Forum And Expo 2023.

Forum yang diselenggarakan oleh KOWANI tersebut, dilaksanakan di Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Wapres menilai kemajuan kaum hawa oni merupakan hal yang vital mengingat ketangguhan mereka saat terpaan pandemi Covid-19 dinilai menjadi penggerak roda perekonomian. Melalui usaha mikro, kecil dan menengah. Selain itu, mereka juga merupakan kunci pembangunan keluarga.

Baca Juga  Peningkatan Kualitas Birokrasi Indonesia dapat Penilaian Positif dari Lembaga Internasional

“Perempuan merawat keluarga yang merupakan fondasi bagi terbangunnya masyarakat ASEAN yang kokoh. Kaum perempuan juga memainkan peran kunci dalam mengajarkan dan menebarkan nilai-nilai moderasi kepada generasi muda, yang dimulai dari keluarga,” terangnya.

Wapres secara resmi membuka Forum dan Ekspo Konfederasi Organisasi Perempuan ASEAN tahun 2023. Dan, berharap kegiatan tersebut dapat memberikan banyak manfaat bagi perempuan di ASEAN.

“Semoga forum dan ekspo ini menjadi ajang nyata bagi pemberdayaan perempuan ASEAN, serta memperkuat kapasitas dan jaringan kerja sama pelaku UMKM di ASEAN. Untuk terus menjadi kawasan yang damai, sekaligus pusat pertumbuhan ekonomi global yang berkelanjutan,” ucapnya.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya, Duta Besar Negara ASEAN dan negara-negara sahabat, Menteri Kabinet Indonesia Maju. Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo, Ketua Panitia ACWO Forum & Expo sekaligus Ketua Kowani Hadriani Uli Silalahi. *

beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life