Home » 1.475 Pelajar Adu Kecerdasan di Olimpiade Sains Nasional 2023 Bogor

1.475 Pelajar Adu Kecerdasan di Olimpiade Sains Nasional 2023 Bogor

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Sebagian peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023, berfoto bersama di Bogor, Jawa Barat, Senin (28/8/2023). Foto: Kemendikbudristek

ESENSI.TV - JAKARTA

Sebanyak 1.475 pelajar Sekolah Dasar, SMP dan SMA dari 38 provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di lima negara akan berkompetisi menunjukkan bakat dan potensinya dalam bidang sains.

Para pelajar itu adalah peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 di Bogor, Jawa Barat.

Kejuaraan ini digelar mulai  tanggal 28 Agustus hingga 2 September 2023.

Staf Ahli Menteri bidang Manajemen Talenta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tatang Muttaqin mengatakan peserta yang bertanding adalah para pemenang dan talenta-talenta terbaik, mutiara yang ada dari ujung Aceh sampai ujung Papua.

Hal ini disampaikannya saat membuka secara resmi OSN 2023, di Gedung Graha Widya Wisuda, Institut Pertanian Bogor, pada Senin (28/8/2023).

Tatang mengatakan pihaknya berharap kegiatan OSN ini mampu menjadikan kompetisi yang memiliki daya dorong mewujudkan karakter siswa berprestasi, jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan cinta Tanah Air.

Untuk itu, kata Tatang, Kemendikbudristek menghadirkan kompetisi seperti ini untuk menyiapkan karakter generasi muda yang kokoh, yang siap berkompetisi dan terus meningkatkan kompetensinya untuk masa depan yang lebih baik.

“Pengetahuan talenta merupakan sebuah kekuatan, namun karakter juga menjadi lebih penting,” jelasnya.

Membangun Bangsa Dengan Ilmu Pengetahuan

Tujuan dari OSN tahun ini adalah untuk mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional.

Sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.

Baca Juga  Ijeck Minta Komitmen Kabupaten/Kota Capai Target Penurunan Stunting 18%

Selanjutnya, mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian, menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.

Terakhir, menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

Bidang yang di lombakan pada OSN tahun 2023 ini, pada jenjang SD/MI terdiri dari dua bidang lomba yaitu Matematika dan IPA.

Jenjang SMP/MTs terdiri dari tiga bidang lomba yaitu Matematika, IPA dan IPS.

Sementara itu, jenjang SMA/MA terdiri dari sembilan bidang lomba yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Sebelumnya, Kemendikbudristek bersama dengan pemerintah daerah telah menyelenggarakan OSN tingkat kabupaten/kota dan provinsi.

Dari 558.621 siswa peserta yang mengikuti OSN tingkat kabupaten/kota, sebanyak 27.912 peserta yang lulus ke OSN tingkat provinsi.

Selanjutnya, sebanyak 1.475 peserta yang berhasil lulus dan mengikuti OSN tingkat nasional.

Sebanyak 900 di antaranya merupakan peserta pada jenjang SMA/MA yang akan mengikuti OSN secara luring di Bogor.

Sebanyak 230 pelajar tingkat SD/MI dan 345 peserta tingkat SMP/MTs akan mengikuti OSN secara daring.

Adapun SILN yang mengikuti OSN 2023 adalah SILN Myanmar, SILN Malaysia, SILN Singapura, SILN Belanda, dan SILN Saudi Arabia.*

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaterkini
#beritaviral

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life