Home » 4 Keutamaan Serta Dahsyatnya Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

4 Keutamaan Serta Dahsyatnya Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

by Administrator Esensi
2 minutes read
pexels pir sumeyra 12716195

ESENSI.TV - JAKARTA

Ramadhan merupakan bulan suci yang memiliki banyak keutamaan dari ibadah – ibadah malam yang ada didalamnya. Ibadah malam atau dalam bahasa Arab disebut Qiyamul Lail tersebut, memiliki keutamaan yang sangat dahsyat yang dapat kita lakukan selama bulan Ramadhan ini. Salah satunya keutamaan shalat sunnah Tarawih.

Sholat Tarawih merupakan ibadah yang dilakukan khusus dibulan Ramadhan. Ibadah ini biasa dilakukan dimalam hari. Biasanya sholat Tarawih dilaksanakan selesai melakukan shalat Isya, pukul 19.30 WIB.

Hukum melaksanakan ibadah shalat Tarawih ini ialah Sunnah Muakkadah / Sunnah Muakkad, yakni sholat yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan bagi kaum muslimin selama Ramadhan.

Dikutip dari DompetDhuafa, shalat Tarawih ini memiliki banyak keutamaan yang dapat diraih selama Ramadhan. Jadi sangat disayangkan apabila kita melewatkan ibadah malam yang satu ini. Berikut beberapa keutamaan sholat Tarawih :

  1. Dapat Menghapus Dosa Masa Lalu

Dalam pembahasan ini, para ulama memiliki perbedaan pendapat apakah ini dosa kecil ataupun besar. Menurut Ulama Imam Nawawi mengatakan bahwa shalat tarawih ini dapat menghapus dosa – dosa kecil.

Namun ada pula yang berpendapat bahwa shalat tarawih ini juga dapat menghapus dosa yang besar. Meskipun begitu baiknya kita tetap berdoa selesai shalat Tarawih pada malam bulan Ramadhan ini, agar dosa – dosa kita baik kecil maupun besar diampuni Allah SWT.

Maka dari itu, shalat Tarawih ini menjadi bonus dari Allah yang dapat kita kejar dan maksimalkan. Agar sebagaimana dosa kita selama 11 bulan lalu dapat terkikis sedikit demi sedikit dengan kita melakukan ibadah ini.

  1. Mendapat Pahala Seperti Sholat Qiyamul Lail Semalam Penuh

Keutamaan shalat Tarawih yang kedua yaitu mendapat pahala seperti mengerjakan sholat sunnah semalam penuh serta dianjurkan untuk mengerjakannya secara berjamaah. Hal ini disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW yang artinya :

Baca Juga  WHO Cabut Status Darurat Covid-19, Wapres Minta Masyarakat Tetap Waspada

“Barangsiapa yang ikut melaksakana shalat Tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai, maka baginya dicatat pahala seperti shalat semalam penuh”. (HR. Abu Daud dan Turmidzi)

Bulan Ramadhan adalah bulan tempat kita untuk meraih pahala sebanyak – banyaknya. Dapat dibayangkan bukan? Ketika kita berhasil melaksanakan sholat Tarawih ini, berapa banyak pahala yang akan didapat dalam semalam penuh? Masyaallah.

  1. Pahala Sholat Tarawih 27 Derajat

Shalat Tarawih ini tidak hanya dilakukan secara berjamaah saja, saat sendiri dirumahpun bisa tetap dilakukan. Namun, keutamaan yang didapat ialah mendapat pahala sebesar 27 derajat saat menjalankan shalat Tarawih ini dilakukan secara berjamaah.

Kunggulan dari sholat berjamaah ini juga diartikan sebagai sholat yang lebih baik dilaksanakan bersama – sama daripada shalat sendirian.

Jadi dapat diartikan apabil seseorang melaksanakan shalatnya sendirian, sangat disayangkan dia tidak mendapatkan pahala sebesar 27 derajat.

  1. Meningkatkan Ketakwaan dan Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Salah satu bentuk meningkatkan ketakwaan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT dibulan Ramadhan ini, ialah salah satunya dengan menjalankan shalat Tarawih.

Jika kita bisa menjalankan shalat Tarawih ini dengan khusyuk atau bersungguh – sungguh serta tidak terburu – buru, kita akan menimbulkan kenyamanan dalam beribadah. Lagipula, sudah sepatutkan kita bersyukur telah dipertemukan kembali dengan bulan suci ini.

Mengingat banyak sekali saudara – saudara kita yang sudah lebih dulu dipanggil oleh Allah sebelum datangnya bulan Ramadhan ini. Jadi, kita harus terus terpacu dan berlomba – lomba dalam ibadah setahun sekali ini, ya!

Editor : Firda Nursyafira

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life

Pagespeed Optimization by Lighthouse.